Tempat Wisata Paling Hits di Dekat Malioboro

30 Tempat Wisata Paling Hits di Dekat Malioboro Jogja Tugu Wisata – Salah satu keunikan Jogja adalah ada begitu banyak tempat yang memiliki daya tarik tinggi untuk dijadikan obyek wisata. Mulai dari nilai sejarahnya yang patriotik, unik, aneh dan yang pasti, seluruh tempat itu memiliki eksotisme untuk diabadikan dengan kamera. Hasilnya, kota ini bertaburan tempat wisata dengan pengunjung yang tak berhenti mengalir dari hari ke hari.

Keunikan lain Jogja adalah tempat wisatanya yang bertebaran di segala penjuru. Kota ini seperti dilahirkan sebagai kota sejuta pesona. Anda bahkan bisa menikmati puluhan tempat wisata dengan kisahnya masing-masing di sekitar Malioboro. Ya, bahkan di jantung kota, ada beragam tempat yang bisa Anda datangi dengan pesonanya masing-masing. Semuanya memiliki pesona sendiri. Mau tahu 30 Tempat Wisata Paling Hits di Dekat Malioboro, simak laporan ini ya.

Daftar 30 Tempat Wisata Paling Hits di Dekat Malioboro Jogja

  1. Tugu Jogja

Tempat Wisata Paling Hits di Dekat Malioboro yang pertama adalah Tugu Jogja. Siapa sih yang engga tahu tugu jogja ini? Tinggi awalnya 25 meter. Dibangun 1755 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono 1, tugu ini lahir sebagai simbol persatuan rakyat Jogja melawan penjajahan Belanda. Disebut sebagai Golong Gilig karena bentuknya yang melingkar dan mengerucut pada pucuknya. Pucuk meruncing adalah simbol Ketuhanan, bahwa kehidupan manusia harus menuju sifat Tuhan.

Tempat Wisata Paling Hits di Dekat Malioboro ~ Tugu jogja

Instagram @cid_daeng_acid

Pada 10 Juni 1867 bangunan ini runtuh akibat gempa bumi yang mengguncang bumi Mataram waktu itu. Tahun 1889 Tugu direnovasi Belanda dan mengalami berbagai perubahan bentuk. Tapi yang jelas, ketinggian tugu yang tadinya 25 meter menjadi hanya 15 meter setelah itu. Tahukah Anda, Tugu juga salahsatu bangunan mistis dalam mitologi Jogja. Tugu adalah titik yang pas dengan pucuk Merapi jika dilihat dari Keraton Jogja. Keraton, Tugu dan Merapi adalah tiga titik mistis itu.

Kini bukan hanya menjadi tempat yang memiliki kekuatan mistis tetapi telah menjadi obyek wisata. Sore dan malam hari, tempat ini ramai dikunjungi wisatawan dari segala penjuru untuk berfoto atau menikmati suasana khas Jogja yang terpancar dari tempat ini. Tata lampu yang apik dan keramaian yang melingkari tugu bakal menjadi latar foto yang luar biasa. Uniknya, meski berada di tengah perempatan nan ramai tetapi Anda tetap bakal bisa berfoto ria atau selfi sepuasnya di sini. Anda bahkan bisa berjalan kaki dari Malioboro menuju Tugu sembari menikmati sore yang romantis kota ini.

  1. Stasiun Tugu

Berada dekat dengan Malioboro, biasanya stasiun besar inilah tempat penjelajahan Anda bakal dimulai. Arsitektur dasarnya khas stasiun jaman penjajahan tetapi sudah mengalami renovasi saking ramainya tempat ini. Maklum, ini adalah stasiun tempat pemberhentian paling besar di Jogja selain Stasiun Lempuyangan.

Stasiun Tugu

Instagram @hendset1981

Ada banyak hotel dan penginapan dekat Stasiun Tugu karena tempat ini memang berada di tengah kota yang memudahkan Anda menjangkau maanapun daerah Jogja. Malioboro hanya butuh 5 menit jalan kaki dari stasiun ini.

  1. Jalan Malioboro

Siapa tak kenal tempat ini. Inilah legenda hidup yang kian hari kian kuat pamornya. Malioboro adalah ruas jalan yang hidup 24 jam setiap hari. Pagi hingga malam menjadi pusat fashion paling lengkap, deretan toko fashion terkini ada di sepanjang jalan ini. Tak usah kawatir, Anda bisa menemukan harga paling murah hingga tertinggi di sini.

Tempat Wisata Paling Hits di Dekat Malioboro

Instagram @watonjogja

Sepanjang jalan Malioboro juga ratusan kios pernak-pernik suvenir khas Jogja bertebaran sepanjang emperan toko. Tetapi yang paling mengesankan adalah Anda bisa bisa dengan leluasa, nyaman dan gembira duduk-duduk di depan komplek pertokoan sepanjang jalan ini karena sudha tersedia ratusan kursi taman yang bersih dan cantik untuk diduduki.

Ada beragam atraksi seni di sepanjang jalan ini, mulai dari aksi pemusik jalanan memainkan aneka instrumen musikl, sangat atraktif. Juga ada banyak seni instalasi menghiasinya. Inilah ruas jalan selfi paling luar biasa di Yogyakarta. Anda bahkan harus mengantri selfi di beberapa spot di sini, misalnya di bawah plang Jl. Malioboro, saking banyaknya orang pingin berswafoto di sana.

  1. Titik Nol Kilometer

Tempat Wisata Paling Hits di Dekat Malioboro buat nongkrong kawula muda adalah Titik Nol KM Kota Jogja. Inilah surganya nongkrong di Jogja. Namanya Titik Nol Kilometer, berada di sebelah selatan Malioboro. Ini adalah sebuah perempatan besar dengan pelataran yang luas untuk para pejalan kaki dan pelancong yang ingin menikmati suasana khas Jogja. Ada ratusan tempat duduk di area ini, berada di tengah berbagai bangunan unik yang bakal membuat Instagram Anda menjadi penuh foto keren dari sana. Hebatnya, Anda bisa menikmati tongkrongan super keren dan nyaman ini 24 jam sekalipun.

  1. Benteng Vredeburg

Berada di dekat Titik Nol Kilometer, inilah peninggalan benteng Vredeburg, bangunan benteng peninggalan kolonial Belanda.Tembok besar, tebal dan tinggi menjadi penanda bangunan ini. Ada gerbang besar dengan tempat parkir yang cukup luas di depan benteng ini. Ada berbagai obyek menarik di dalamnya yakni museum yang menyimpan berbagai benda bersejarah Yogyakarta.  Anda bisa datang kapan saja karena tempat ini buka setiap hari.

Hebatnya, di halaman benteng ini, di sebelah area parkir terdapat pelataran dengan monumen dan panggung yang biasa dipakai para seniman Jogja memamerkan karya seninya di panggung. Ini adalah tempat banyak komunitas seni mengekspresikan kreativitas mereka bagi khalayak yang sedang melancong ke Jogja.

  1. Kraton Yogyakarta

Anda pasti tahu tempat ini. Bisa ditempuh dalam hitungan menit dari Malioboro inilah pusat budaya Yogyakarta. Apalagi kalau bukan Keraton Yogyakarta yang megah dan kondang itu. Beragam pengetahuan tentang sejarah Jogja bisa Anda petik dari tempat ini sekaligus melihat berbagai atraksi budaya seperti apa saja sih seragam para prajurit lengkap dengan kepangkatannya, berbagai jenis tarian yang masih hidup hingga kini dan tentusaja Pendopo Keraton tempat upacara-upacara penting digelar. Suasana masa lalu kental sekali di tempat ini dan Anda pasti bakal merasa seperti dibawa masuk ke masa yang telah lalu. Eksotik banget dan merupakan Tempat Wisata Paling Hits di Dekat Malioboro yang sangat mudah untuk dituju dari berbagai penjuru.

  1. Taman Sari

Berada dalam Kompleks Keraton Yogyakarta, Tamansari adalah sebuah taman berisi kolam air yang indah dan khas masa lalu. Ini adalah tempat raja menikmati saat-saat indah dengan para selirnya disela memimpin kerajaan. Kolam pemandian ini digunakan para istri dan keluarga inti keraton menikmati sendau-gurau bercipratan air.

Para istri raja juga melakukan beragam ritual untuk menjaga kecantikan di sini. Anda bisa melihat ruangan khusus tempat para istri menggunakan ramuan-ramuan tradisional demi merawat kulit tubuh mereka agar selalu bersinar dan wangi di tempat ini. Berfoto jelas harus Anda lakukan di Tamansari karena tempat ini bakal sangat indah dibalik lensa kamera Anda.

  1. Alun-alun Kidul

Sore dan malam hari adalah waktu terbaik di Alun alun Selatan Yogyakarta. Tempat ini menjadi salahsatu menu wajib wisatawan yang datang ke Jogja. Dikelilingi bangunan kuno keraton Jogja dan tembok keliling nan perkasa, Anda harus menjajal ritual Masangin alias masuk di antara dua beringin. Sembari menutup mata dengan seutas kain Anda harus berjalan selurus-lurusnya memasuki ruang di antara dua pohon beringin di tengah Alun alun. Jika berhasil maka Anda adalah orang yang bakal mendapat banyak keberkahan dalam hidup. Jika tidak berhasil? Sebaiknya Anda mencoba dan mencoba lagi.

Setelah berhasil pada ritual Masangin, Anda bisa keliling Alun alun dengan sepeda hias yang berjalan dengan digowes. Aneka warna cahaya dari lampu becak ini membuat Alun alun Selatan menjadi begitu meriah malam hari. Tak usah kawatir, sekliling Alun alun ini berjajaran bakul makanan dan minuman khas Yogyakarta.

  1. Alun-alun Utara

Alun alun utara yang berada di depan Keraton Yogyakarta lebih diperuntukkan bagi ritual keraton atau acara-acara yang lebih lebih besar dibanding Alun alun selatan. Berbagai festival biasa digelar di sini dan pameran-pameran unik juga dihelat di tempat ini. Jangan kawatir, jadwal acara di Alun alun utara sangat padat sehingga hampir setiap akhir pekan akan selalu ada acara heboh di tanah lapang tengah kota Jogja ini.

Tetapi meski tak ada acara di Alun alun-pun tempat ini selalu ramai dikunjungi orang. Jajaran tempat makan dan asyiknya duduk-duduk di sekliling Alun alun di kelilingi lalu-lalang orang lewat adalah suasana yang sulit ditemui di tempat manapun.

  1. Pasar Beringharjo

Pingin mendapatkan berbagai pernik khas Jogja dengan harga miring mulai batik aneka corak dengan aneka gaya fashion lainya, inilah tempatnya, Beringharjo. Berbeda dengan pasar di tempat lain, Beringharjo adalah juga pusat fashion di Jogja. Di pasar ini Anda bisa mendapatkan berbagai produk fashion kekinian dengan harga yang sangat ramah dibanding toko fashion di tempat lain.

Asyiknya, Beringharjo adalah juga pusat kuliner khas Jogja. Anda bisa mendapatkan beragam cita rasa makanan buatan tangan-tangan para ibu asli Jogja dengan cita-rasa yang khas yakni manis. Tak perlu pusing mencari tempat ini selain besar dan luas, Beringharjo juga terletak di bagian selatan Malioboro, Anda bisa berpuas belanja setelah mengujungi Keraton Jogja.

  1. Pusat Oleh-oleh

Pelataran jalur Maliboro hingga depan pasar Beringharjo adalah pusat kuliner di Jogja. Aneka jenis makanan ada di sepanjang titik ini mulai dari bakpia hingga nasi pecel. Unikya, Anda hanya perlu duduk saja sembari menikmati lalu-lalang pelancong yang juga sedang menikmati indahnya Malioboro di tempat ini. Soalnya, bakul-bakul makanan ini hanya menggunakan tenda saja dalam berjualan.

Anda juga bis amendatangi ratusan kios oleh-oleh di sekitar tempat ini dengan berjalan kaki. Sebagian besar oleh oleh khas Jogja hanya mematok harga yang murah saja sehingga Anda tak akan menguras isi dompet Anda.

  1. Mal Malioboro

Siapa bilang Jogja hanya punya suguhan berbau tradisional saja. Mal Malioboro adalah pusat fashion dan produk modern. Anda dengan segera bakal mendapatkan tempat ini dengan berjalan kaki saja. Didalamnya Anda bisa dapatkan berbagai itme fashion mulai baju hingga sepatu, mulai kue hingga kopi, mulai makanan asing hingga kopi Sumatera.

Uniknya, meskipun berbentuk mal, tapi harga beragam barang di tempat ini tidaklah semengerikan yang Anda bayangkan. Anda masih tetap bisa mendapatkan kaus obolong harga di bawah Rp. 50 ribu di mal ini.

  1. Taman Pintar

Berjarak sekitar 200 meter dari Pasar Beringharjo dan 300 meter dari Titik Nol adalah Taman Pintar. Wahana wisata edukatif ini tak pernah sepi dari kunjungan. Umumnya para pelajar dan keluarga yang memiliki Balita. Soalnya, sebagian besar wahana hiburan tempat ini memang dirancang sebagai instrumen pendidikan anak.

Tapi jangan salah, ini adalah juga pusatnya buku di Jogja. Ya, jika Anda pingin memenuhi rak perpustakaan pribadi Anda, inilah tempat mendapatkan aneka buku dengan harga murah. Inilah pusat peradabannya para mahasiswa dan pelajar Jogja untuk mendapatkan buku-buku mereka.

  1. Museum Kereta

Dengan tiket Rp. 5000 saja Anda bakal bisa menikmati sejarah kereta di Museum Kereta di sini. Tapi bukan kereta api melainkan kereta kencana yang digunakan keluarga Keraton Yogyakarta untuk beragam upacara mereka. Masuk dalam komplek Keraton kereta-kereta ini memiliki sejarah yang panjang karena sebagian dibuat dan didatangkan dari negeri Belanda. Sst, setiap tahun kereta-kereta ini dimandikan loh dan dipercaya memiliki kekuatan mistis di dalamnya.

  1. Kampung Bule Sosrowijayan

Kampung bule? Ya, di Jogja ini Anda bisa bertemu banyak bule di Kampung Sosrowijayan namanya. Bule banyak ada di sini karena tempat ini memiliki banyak hotel dengan harga ramah bagi orang-orang luar negeri itu. Bergitu banyaknya bule yang menginap di tempat ini sehingga Sosrowijayan dinobatkan sebagai Kampung Bule.

  1. Sindu Kusuma Edupark

Tak jauh dari kawasan Malioboro Anda bisa mendapatkan Sindu Kusuma Edupark (SKE). Bercirikan bianglala besar dan tinggi tempat ini segera menyedot wisatawan sejak dibuka 2014 lalu. Ada beragam permainan di tempat ini dan juga mirip museum, Anda bisa melihat dan mendapatkan kisah beragam alat permainan anak dari jaman dahulu kala hingga di jaman modern.

  1. Kampung Cyber

Ini kampung yang Anda bisa mendapatkan akses internet secara mudah, murah dan meriah. Disebut sebagai Cyber Yogyakarta atau Cyber Village RT 36 karena berada di RT itu. Tak sulit untuk menemukannya karena berada dekat dengan Malioboro.

Unik sekali tempat ini karena Anda bakal menemukan banyak komputer di tempat-tempat umum seperti Poskamling dan Anda bisa dengan bebas mengoperasikannya untuk menghubungi teman atau mengirimkan pesan khusus pada orang-orang tercinta. Di tempat ini juga ada beberapa ruas tembok dengan mural-mural cantik yang keren banget untuk berfoto. Alhasil, banyak wisatawan ke sini karena uniknya si Cyber Village ini.

  1. Kebun Binatang Gembira Loka

Salahsatu tempat wisata terbesar di Yogyakarta. Memiliki luas 20 Hektar dengan koleksi satwa lebih dari 100 jenis dan 61 jenis flora di dalamnya, Gembira Loka adalah kebun binatang yang tidak pernah sepi. Beragam atraksi ada di tempat ini mulai dari danau tempat Anda bisa berperahu bahkan perahu boat yang ngebut hingga pusat burung.

Anda juga bakal melihat beberapa jenis satwa yang tak ada di Indonesia hidup di tempat ini seperti Penguin dan berbagai jenis burung berukuran besar. Hebatnya, Anda bisa berfoto dengan hewan-hewan eksotik itu. Kalau tertarik atraksi dengan hewan besar, Anda bisa naik gajah dan keliling area di sana.

  1. Pusat Kerajinan Perak

Namanya Kotagede, sebuah komplek pemukiman padat dengan bangunan-bangunan tua khas Jogja. Ruas jalan yang membelah perkampungan ini sangat mirip dengan perkampungan di Eropa, jalan-jalan kecil dan lingkungan yang bersih dengan warna putih mendominasi warna. Inilah kampung yang selama bertahun-tahun warganya hidup sebagai pengrajin perak.

Tak pelak, Kotagede adalah pusat kerajinan Perak di Yogyakarta. Anda bisa mendapatkan segala jenis aksesori berbahan perak mulai dari kalung, gelang hingga berbagai hiasan rumah yang cantik berkilauan. Berjalan-jalan di kampung ini Anda bisa melihat langsung bagaimana tangan-tangan seniman itu memoles perak menjadi aneka perhiasan cantik memesona.

  1. Masjid Gede Kauman

Berusia khas arsitektur lama, masjid ini berusia 200 tahun lebih. Bangunan dasarnya masih asli dengan lantai yang jauh lebih tinggi dibanding tanah sekitarnya. Inilah masjid paling legendaris di Jogja. Letaknya di sebelah barat Alun alun utara, dekat keraton, Malioboro dan sebagainya membuat masjid gede kauman tak pernah sepi.

Inilah pula masjid yang menjadi simbil gerakan Islam di Jogja tempo doeloe. Memiliki tempat berwudlu yang unik yakni Anda akan menyeberang sebuah kolam kecil sehingga dengan sendirinya kaki Anda bakal bersih sebelum memasuki tempat suci ini. Itu adalah cara yang digunakan di masa lalu agar warga masyarakat yang kala itu sebagian besar tidak memiliki alas kaki bisa memasuh kakinya dengan mudah.

  1. Kandang Menjangan

Adalah bangunan kuno berupa bangunan kotak beberapa lantai. Terletak di sebelah selatan Alun alun selatan, bangunan ini dijadikan tempat prajurit keraton menjadi semacam pos keamanan kala itu. Malam hari tempat ini menjadi tempat berfoto yang eksotik karena lampu-lampu yang menyorotinya. Ada banyak kisah mistis menyelimuti tempat-tempat ini tetapi yang pasti bangunan ini sanga terawat dan indah hingga kini.

  1. Monumen Jogja Kembali

Dibangun sebagai tempat Anda bisa mendapatkan kisah perjuangan warga Jogja mempertahankan tanah adat mereka dari serangan penjajah. Momumen berbentuk kerucut ini memiliki diorama dengan kisah heroik masa perjuangan melawan penjajah dulu. Tak hanya itu, malam hari tempat ini menjadi magnit wisata karena memiliki Taman Pelangi, yakni ratusan lampion yang berpendaran indah. Anda bakal merasa sedang berada di tengah taman lampion warna-warni.

  1. Museum De Mata Trick Eye

Berada di XT Square di tengah kota Yogyakarta, ini adalah museum dengan koleksi patung tokoh-tokoh terkanal. Yang hebat museum ini memiliki lukisan-lukisan tiga dimensi yang membuat gambar-gambar itu seperti hidup. Anda bakal bisa menciptakan gambar foto selfi nan keren di tempat ini.

Ada 200 an foto tiga dimensi yang bisa Anda jadikan obyek foto di tempat ini dengan sebuah foto kecil di dekatnya agar Anda paham bagaimana sebaiknya mengambil gambar. Maklum, gambar tiga dimensi memang mensyaratkan sudut tertentu untuk memandangnya sehingga tercipta gambar yang unik seakan nyata.

  1. Jogja Bay

Terletak di dekat Stadion Maguwoharjo, Depok, Sleman, ini adalah pusat hiburan air terbesar di Jogja. Beragam atraksi air ada di tempat ini. Ini adalah tempat wisata keluarga yang saat ini lagi sangat hits di Jogja. Anda bisa memuaskan diri menikmati beragam arena permainan air yang akan membuat liburan Anda sangat berkesan.

  1. Candi Prambanan

Komplek candi Hindu terbesar di Indonesia. Berupa komplek candi dengan arsitektur tinggi menjulang. Ketenarannya sudah terdengar seantero dunia danmenjadi salahsatu tujuan wisata paling atas di Yogyakarta. Anda bisa mendapatkan beragampengalaman luar biasa dengan datang ke tempat ini karena Prambanan adalah tempat ibadah yang indah dengan berbagai nilai keagamaan yang luhur dan tercermin pada setiap sudut bangunannya.

  1. Candi Boko

Terletak di sebelah selatan Candi Prambanan, ini adalah komplek reruntuhan keraton Boko yang masih bisa menceritakan kehidupan keluarga raja diraja masa lalu. Berbagai situs peninggal;an bangunan keraton bisa Anda lihat di sini termasuk kolam pemandian yang tidak pernah kering selama bertahun-tahun. Padahal komplek ini terletak di atas dataran perbukitan. Candi Boko adalah juga tempat yang indah untuk mendapatkan foto sunset. Tempat ini bakal memberi Anda banyak spot yang keren untuk menghiasi Instagram Anda.

  1. Tebing Breksi

Beraga di dekat Candi Boko, berupa tebing batu yang dipahat dengan beragam ornamen bercita-rasa seni tinggi. Meski belum lama lahir tetapi telah menjadi taman wisata yang tak pernah sepi pengujung. Tebing Breksi juga memiliki panorama mengagumkan untuk menciptakan selfi bagi semua orang yang berkunjung ke sana.

  1. Candi Ijo

Inilah candi tertinggi di Jogja. Berasa di puncak bukit dengan dengan halaman rumput hijau yang indah. Terletak tak jaug dari pusat kota, tempat ini cocok didatangi wisatawan keluarga yang ingin anak-anaknya berlarian di atas lapangan rumput yang luas dan aman. Candi Ijo juga memiliki spot luar biasa untuk berfoto dan termasuk tempat yang murah untk berwisata karena harga tiket masuknya hanya beberapa ribu rupiah saja.

  1. Bukit Bintang

Menikmati Jogja dari ketinggian bisa dilakukan di sini. Anda akan melihat lautan cahaya kota Yogyakarta dari sini. Hebatnya, ada berbagai pilihan kuliner yang bisa Anda nikmati sembari melihat gemerlap cahay akota Jogja malam hari. Meski berada di ketinggian tetapi jarak dari pusat kota tidaklah terlalu jauh ke tempat ini.

  1. Museum Affandi

Berada di pinggir jalan Solo tengah kota. Ini adalah tempat puluhan lukisan Affandi, seniman kondang asli Jogja, menggoreskan kusnya menjadi lukisan-lukisan indah. Affandi adalah salahsatu pelukis Indonesia yang karyanya bernilai ratusan juta. Inilah museum yang akan memberi Anda pengetahuan mendalam mengenai seni rupa Indonesia modern.

Inilah 30 Tempat Wisata Paling Hits di Dekat Malioboro. Tertarik datang ke wisata tersebut? Tak usah khawatir, Tugu Wisata adalah perusahaan Tour and  Travel yang siap mengantar Anda mendatanginya. Kamu bisa mengajak rombongan orang-orang tercinta untuk menikmati tempat-tempat indah ini.

Bersama Tugu Wisata kamu dapat merancang paket wisata-mu sendiri, membuat daftar tempat yang pingin kamu kunjungi dan Tugu Wisata bakal mewujudkannya buatmu dengan harga yang dijamin jauh lebih murah dibanding tempat lain di Jogja ini. Jadi, tunggu apalagi yuk langsung saja booking paket wisata jogja bersama Tugu Wisata. Tersedia berbagai macam paket wisata, seperti paket wisata jogja 1 hari, 2 hari, 3 hari, 4 hari, 5 hari dan honeymoon bersama dengan orang tercinta. Yuk langsung saja kepoin customers service kami segera.

 

Tugu Wisata

About Tugu Wisata

Penyedia Paket Wisata Jogja / Paket Tour Jogja Murah, Kami lebih mementingkan Kualitas Pelayanan yang Maksimal, Target kami Zero Complaint untuk Pelayanan Wisata yang Terbaik untuk Anda. Kami juga merupakan salah satu sewa mobil terbesar di Jogja dan Solo dengan jumlah unit armada sampai 80 Unit.
08112635846