museum kayu wanagama tugu wisata

Sudah Pernah Kunjung Di Museum Dalam Hutan? Ke Museum Kayu Wanagama Coba!

www.tuguwisata.com – Sudah berkunjug ke museum mana saja gaes? Di Jogja ini banyak sekali museum yang sudah terspesifikasi dengan baik. Kalau ke bagian biologi, ada museum Biologi, bagi yang ingin tahu lukisan ada Museum Affandi, bagi yang ingin tahu beragam Batik ada Museum Batik, dan lain sebagainya. Kalau ingin tahu kayu-kayu adakah Museum Kayu? Ada gaes! Namanya Museum Kayu Wanagama.

Sebuah museum yang berdiri atas ide dari staff dosen Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada yakni Prof. Dr. Hj, Oemi Haniin Soeseno dan Ir. Etty Suliantoro Sulaiman yang bergabung bersama dengan Perum Perhutani. Beliau tersebut mendirikan museum sejak mengikuti Pameran Museum Antropologis di Perancis dan juga pendirian Jati Centre di Cepu. Adapun tujuannya adalah lebih mengeskpresikan kayu. Kemudian pada tahun 1995, mereka menindaklanjuti dengan mendirikan museum di kawasan hutan Wanagama.

museum kayu wanagama tugu wisata

Instagram: @puteradaerah

Museum Kayu Wanagama ini Sudah Cukup Lama Didirikan Lho!

Bahan dari bangunan museum ini adalah dua buah rumah kayu tahun 1880 dengan sumbangan dari Perum Perhutani. Kemudian rumah tersebut dirombak menjadi satu bangunan dengan bentuk rumah panggung. Museum Kayu Wanagama ini diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X pada tanggal 8 Agustus 1998 selaku Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta dan Menteri Kehutanan Republik Indonesia I. Muslimin Nasution.

Daerah Gunung Kidul yang mana merupakan barisan pegunungan kapur menjadi alasan para pakar kehutanan dari Fakultas Kehutanan UGM untuk menghijaukan kawasan. Pada akhirnya pada bulan November 1990, penanaman pohon jati di area batu cadar Hutan Wanagama ini berhasil dilakukan.

Aksi ini didukung oleh Pangeran Charles selaku putra mahkota kerajaan Inggris. Beliau merupakan salah seorang pecinta dan penggerak lingkungan hidup. Jika kamu ingin berkunjung ke museum ini, kamu pasti akan melihat adanya gobyok jati yang usianya sudah dua ratus tahun. Kayu jati tersebut adalah hibah atau bantuan sukarela dari Perhutani untuk museum dan juga ragam fosil kayu unik lainnya.

Dengan bentuk Rumah Panggung, maka bahan material bangunan dari tanah hingga lantai adalah konstruksi beton, lantai dan dinding dari bahan kayu, adapun atapnya berasal dari genteng tanah.

museum kayu wanagama tugu wisata

Instagram: @museumkayuwanagama

Benda-benda yang ada di museum yang bisa kamu lihat adalah meja lurah dari Jepara, Arca Gupolo dari Kayu Sengon, Meja dan Kursi Manta Menteri Kehutanan RI Ir. Sudjarwo, Gebyok kayu jati yang berukiran khas Jepara, Fosil kayu jati usia ratusan tahun, dan juga beragam barang kerajinan kayu dari berbagai daerah di Indonesia.

Guna mendukung kenyamanan pengunjung, museum ini sudah dilengkapi dengan warung makan khas Wanagama, pasar seni, agroforestry, berbagai jenis pertanaman percobaan seperti jati monfori, nangka, perupuk, acacia, dan lain sebagainya.

Adapula disekitar area museum ada camping ground, tempat outbond, jungle jeep, river tubing, kelas empat ruang, asrama, dan gedung serba guna. Museum ini buka dari senin hingga sabtu pada pukul 08.00 – 17.00, namun pada hari Minggu museum tutup.

Tiket Masuk Museum Kayu Wanagama Ini Gratis Kok. Kesini Yuk!

Tiket masuk museum kayu Wanagama ini gratis gaes! Namun jika kunjungannya rombongan maka dipersilahkan untuk membuat janji terlebih dahulu. Untuk berkunjung ke museum sebaiknya menggunakan sepatu yang nyaman seperti sepatu tali kalau bisa jangan semacam heals ya gaes, karena lokasinya sendiri berada di dalam hutan sehingga jalanan tanah belaka. Asyik banget kalau kalian si pecinta alam. Sebelum atau sesudah dari pantai mampir sejenak ke museum ini karena berada hutan Wanagama berada di Kawasan Hutan Wanagama, Desa Bunder, Kecamatan Playen, Gunung Kidul atau Jalan Jogja Wonosari Km. 30. Happy traveling!

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Sewa mobil di Jogja di Tugu Wisata mulai dari sewa Avanza Jogja hingga sewa Alphard Jogja. Selamat berlibur. 🙂

Immanuel

About Immanuel

× 08112635846