kedung kayang

Tahu Ngga Sih Uniknya Air Terjun Kedung Kandang? Airnya Berundak-Undak Nih!

www.tuguwisata.com – Obyek wisata alam di Yogyakarta seperti air terjun memang tiada henti menjadi pembahasan di banyak media sosial. Kota Gudeg yang menjadi daerah istimewa ini memang memiliki banyak keistimewaan di setiap sudutnya. Tidak lain tidak bukan banyaknya potensi wisata yang berkembang adalah berkat dari adanya media sosial yang banyak mengunggah tempat-tempat yang bahkan tersembunyi dan menjadi daya tarik kemudian dikembangkan menjadi suatu destinasi yang menarik.

Kalau menilik ke Gunungkidul yang dahulu terkenal dengan daerah susah air, nyatanya ada banyak air terjun yang tersebar di beberapa titik. Jika Air Terjun Sri Gethuk tidak asing, lalu bagaimana dengan Air Terjun Kedung Kandang?

Air Terjun Kedung Kandang adalah salah satu air terjun yang berada Sendangsari, Desa Putat, Kecamatan Patuk, Gunungkidul, DI Yogyakarta. Air terjun ini merupakan air terjun unggulan setelah kamu meluncur dari Embung Nglanggeran gaes. Jadi bisa piknik dua tempat sekaligus dong ya…

air terjun kedung kandang tugu wisata

Instagram: @jogjaistimewa

Air terjun yang terletak di persawahan penduduk ini menjadi suatu pemandangan yang apik.

Di sekitar curug ini ada beberapa kedung yang membelah persawahan Bendo yakni Kedung Keris, Kedung Temanten, dan juga Kedung Jurug. Masing-masing kedung ini memiliki keunikan dan keindahannya gaes.

Akses menuju ke lokasi terbilang sudah cukup mudah. Namun untuk menuju dekt dengan air terjun kalian harus menyusur atau berjalan kaki sekitar 800 meter. Namun selama perjalanan kalian sudah bisa menikmati suguhan alam yang mengasyikan sawah hijau, gunung, bukit, bebatuan besar, dan juga pastinya sungai.

Tebing Vulkanik dan hamparan sawahnya adalah ciri utama dari air terjun Kedung Kandang. Bebatuan di air terjun Kedung Kandang ini memang didominasi dari batu-batu vulkanik Gunung Api Purba Nglanggeran. Pasalnya air terjun ini memang berlokasi tdak jauh dari Gunung Api Purba Nglanggeran.

Selaga kesegaran alam berpadu di air terjun ini. Dekat dengan air terjun Kedung Kandang ini ada Air Terjun Talang Purba yang lokasinya lebih kurang 150 meter. Kedua air terjun terebut dikelola oleh para warga Desa Wisata Nglanggeran, namun air terjun tersebut termasuk air terjun musiman. Jadi jika ingin berkunjung ke lokasi lebih baik saat musim penghujan agar debit air yang ada keluar deras.

air terjun kedung kandang

Instagram: @seven_malau

Air terjun Kedung Kandang membelah persawahan penduduk dengan 6 tingkatan sebuah air terjun yang unik karena lokasinya jua tersembunyi.

Air Terjun ini memiliki teras berundak seperti tangga jika dilihat dari kejauhan. Unik kan? Rute menuju ke Air Terjun Kedung Kandang ini ambil arah ke unung Api Purba Nglanggeran lurus hingga ke embung Nglanggeran, dari embung masih lurus sampai menemukan warung mie ayam, ambil kiri, pertigaan ke kanan hingga sampai ke lapangan voli. Nah dari lapangan voli ini kamu bisa menitipkan kendaraan atau bisa ke rumah warga namun tetap harus izin lho ya gaes.

Kalau ingin berkunjung ke lokasi sebaiknya siapkan fisik yang prima ya gaes. selanjutnya kamu juga bisa membawa makanan dan minuman, namun harus tetap menjaga kebersihan lingkungan dong ya agar tidak tercemar oleh sampah yang kmau bawa. Hehehe. Masa kamu saja menikmati keindahan tanpa sampah lalu orang lain menikmatinya karena sampah dari kamu? Ngga adil kan? 😛

air terjun kedung kandang tugu wisata

Instagram: @doddy_jogja

Mumpung di Desa Wisata Nglanggeran, kamu juga bisa ke Puncak Ngekong lho gaes atau ke air terjun Talang Purba yang bisa dijadikan rute piknik berikutnya!

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Sewa mobil di Jogja di Tugu Wisata mulai dari sewa Avanza Jogja hingga sewa Alphard Jogja. Selamat berlibur. 🙂

 

Immanuel

About Immanuel

08112635846