museum_dharma_wiratama tugu wisata

Museum Dharma Wiratama: Kolase Sejarah Perjuangan Para TNI Angkatan Darat

www.tuguwisaata.com – Jika bingung mengisi kekosongan waktu di sela-sela kesibukan atau ingin mengajak seseorang untuk menambah pengetahuan dari pengamatan langsung, berkunjung ke museum bisa menjadi alternative kunjungan Anda di Yogyakarta. banyaknya museum di Yogyakarta ini juga menjadi daya tarik wisatawan tersendiri. Museum yang ada sudah terklasifikasi, jadi bergantung kebutuhan Anda ingin berkunjung ke museum yang mana. Jika ingin menilik seni lukis, Anda bisa berkunjung ke Museum Affandi, namun jika Anda ingin melihat sejarah TNI AD dan segala perkakasnya Anda bisa berkunjung ke Museum Dharma Wiratama.

Sebuah Museum yang ada di Yogyakarta, Museum Dharma Wiratama merupakan museum milik TNI Angkatan Darat yang berada di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 75. Museum ini didirikan untuk merekam kisah perjuangan pada masa sesudah Indonesia merdeka.

museum dharma wiratama tugu wisata

Instagram: @museum_dharma_wiratama

Museum Dharma Wiratama Sempat Digunakan Sebagai Markas Komando Resimen

Pada tahun 1950 hingga 1980, gedung museum ini digunakan sebagai markas komando resimen (makorem) dan pada tahun 1980 gedung ini dialihfungsikan menjadi museum Dharma Wiratama sampai saat ini.

Museum Dharma Wiratama ini banyak menyimpan dan memperlihatkan alat-alat perang besar di era dahulu. Di museum ini juga terdapat foto-foto dari pejabat angkatan darat Republik Indonesia. Semuanya ini menjadi koleksi yang tersimpan di dalam almari kaca besar dan beralaskan karpet berwarna merah.

Lokasi Museum TNI-AD Dharma Wiratama ini terletak di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 75 Yogyakarta. Berkunjung ke museum ini sama halnya dengan mengetahui kehebatan TNI Angkatan Darat. Museum ini juga menyimpang beragam jenis senjata dari Tank Stuart MK I dan II buatan Amerika. Juga teradapat golok, pistol, senapan, dan beragam senjata lainnya.

Dahulu Bangunan Ini Hanya Menggunakan Dinging Bambu

Museum ini juga menyajikan tiruan dapur umum zaman perang dengan tungku kayu, dinding berbentuk anyaman bamboo dengan gentong dan airnya. Perjuangan para Tentara Republik Indonesia memang nyata berdisiplin tinggi. Tidak hanya itu mereka juga berjuang sekuat tenaga untuk mempertahankan kemerdekaan dan menjadi teladan negeri untuk terus memupuk semangat patriotisme. Jika berkunjung ke museum ini mungkin pengunjung akan merasakan kental perjuangan dari jajaran militer dalam menjaga kedaulatan Republik Indonesia.

Tiket masuk museum Dharma Wiratama ini gratis tidak dipungut biaya. Jam buka museum hari Senin-Jumat pukul 08.00 hingga 14.00. adapun di akhir pekan museum ini tutup.

Akses menuju ke lokasi dari Galeria Mall lurus kea rah barat menuju kea rah Gramedia. Sebelum perempatan sekitar 400 meter dari Gramedia di Jalan Jenderal Sudirman ambil lajur kanan. Museum TNI AD Dharma Wiratama berada di kanan jalan atau sebelah utara perempatan.

Immanuel

About Immanuel

× 08112635846