Ada Akulturasi Kebudayaan Di Masjid Mataram Kotagede. Sudah Tahukah Kamu?

www.tuguwisata.com – Adalah sebuah masjid yang disebut sebagai masjid tertua yang ada di Yogyakarta, Masjid Mataram Kotagede Yogyakarta. Sebuah bangunan berupa masjid peninggalan kerajaan Mataram ini masih terlihat hingga saat ini sebagaimana fungsinya sebagai tempat ibadah.

Kotagede memang menjadi sebuah kawasan yang banyak memperlihatkan peninggalan bersejarah dan menyimpan informasi pada masa kerajaan Mataram. Satu diantaranya yakni Masjid Agung Kotagede. Tahun 1640, Sultan Agung bergotong royong bersama dengan masyarakat setempat yang umumnya beragama Hindu dan Buddha.

masjid mataram kotagede tugu wisata

Instagram: @fahmishiddiqi

Ada Pohon Beringin Tua Besar Yang Dianggap Sebagai Pohon Keramat

Memasuki kawasan halaman Masjid pengunjung akan mendapati sebuah beringin tua yang diperkirakan usianya sudah beratus tahun. Pohon beringin tersebut dianggap oleh masyarakat setempat sebagai pohon keramat yang diyakini membawa berkah untuk siapa saja yang ingin bertapa di bawah pohon tersebut. Disekitarnya terdapat parit yag mengelilingi Masjid. Parit tersebut dahuluya digunkana sebagai tempat berwudhu, namun saat ini sudah dialihfungsikan sebagai tambak.

Masjid Mataram Kotagede Yogyakarta ini mempunyai sebuah prasasti yang menyatakan pembangunan masjid yang dilakukan melalui dua tahap. Tahap pertaman, masjid ini dibangun pad amasa Sultan Agung yang mana berhasil membuat inti masjid yang berukuran kecil seperti langgar. Tahapp keduanya, masjid ini dibangun oleh Raja Kasunanan Surakarta yakni Oleh Paku Buwono X pada tiangnya. Tiang masjid yang dibangun Sultan Agung merupakan tiang kayu, sementara itu tiang yang dibangun oleh Paku Buwono X berbahan besi.

masjid mataram kotagede tugu wisata

Instagram: @viaikasarii

Ada Akulturasi Budaya di Masjid Mataram Kotagede Ini

Masjid ini memiliki fungsi yang utuh hingga saat ini yakni tetap digunakan sebagai tempat beribadah umat Islam warga setempat. Bangunan tersebut mempuyai unsur toleran tinggi. Karena dahulu sebagian besar penduduknya masih memeluk agama Hindu dan Buddha yang senang hati turut membangun masjid tersebut. Ciri khas Hindu dan Buddha yang ada di masjid ini adalah dari tiang kayu yang dibangun masa pemerintahan Sultan Agung dan Gapura Masjid yang berbentuk Paduraksa.

Bangunan yang berbentuk limasan ini dapat dilihat dari atap yang berbentuk limas dna terbagi menjadi dua sisi yakni inti dan serambi. Di masjid ini terdapat sebuah bedug yang berumur cukup tua yang mana dahulunya merupakan hadiah dari Nyai Pringgit dan hingga kini masih dipakai sebagai tanda untuk sembahyang.

Dalam masjid adalah sebuah mimbar yang digunakan untuk berkhotbah. Mimbar tersebut dibuat dari kayu ukir yang juga meruppakan hadiah dari Sultan Palembang kepada Sultan Agung. Akan tetapi mimbar tersebut kini sduah tidak dipergunakan lagi.

Jika pengunjung ingin berjalan-jalan ke area halaman masjid makan akan dijumpai sebuah tembok yang berbeda antara kiri dan kanannnya. Tembok sebelah kiri tersusun dari batu bata merah yang ukurannya lebih besar dan warnanya merah tua juga terdapat sebuah batu seperti marmer yang permukaannya ditulis dengan aksara Jawa.

Adapun tembok sebelah kanan dari batu bata yang lebih kecil dan berwarna lebih muda juga polos. Rupanya tembok sebelah kiri dibangun oleh Sultan Agung dengan perekat air aren yang membantu perekatan lebih kuat. Sedangkan tembok sebelah kananya hasil renovasi Paku Buwono X.

masjid mataram kotagede tugu wisata

Dokumentasi Pribadi

Tiket Masuk Masjid Mataram Kotagede

Jika Anda ingin berkunjung ke Masjid Agung Mataram Kotagede ini bisa menuju ke Jalan Watu Gilang, Kotagede, Yogyakarta. Untuk memasuki kawasan masjid Agung Mataram Kotagede ini tidak dipungut biaya alias gratis. Pengunjung hanya perlu membayar parkir kendaraan sebesar Rp. 1.000 untuk parkir motor, dan Rp. 2.000 untuk parkir mobil. Selain sebagai tempat ibadah, masjid ini juga sering digunakan untuk sesi pemotretan baik model amupun foto pre-wedding.

masjid mataram kotagede tugu wisata

Instagram: @bayulare

Demikian sejarah dan ulasan dari Masjid Agung Mataram Kotagede, dekat dari masjid Anda juga bisa berziarah ke Makam Raja Mataram yang lokasinya tidak jauh dari masjid. Selamat berkunjung. Ingin wisata religi ke masjid Mataram Kotagede ini? Kami menyediakan paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Mulai dari sewa Avanza Jogja hingga sewa Alphard Jogja. Selamat berlibur. 🙂

 

Immanuel

About Immanuel

08112635846