Gunung Api Purba Nglanggeran

Hayooo Ada Mitos Apa Di Gunung Api Purba? Si Gunung Dari Jutaan Tahun Lalu

www.tuguwisata.com – Di tanah Jawa ini telah banyak gunung api yang masih aktif maupun sudah mati. Di Yogyakarta misalnya selain bisa melihat merapi, adalah Gunung Api Purba yang bisa dijadikan lokasi wisata maupun pendakian.

Gunung Api Purba merupakan gunung berapi yang pernah aktif di jutaan tahun lalu di kisaran tahun 60 hingga 70 juta tahun silam. Gunung ini sudah dinyatakan tidak aktif lagi. Sebuah Gunung yang bisa terlihat kini berbentuk bongkahan batu andesit raksanan yang membentang sejauh 800 meter dengan tinggi hingga 300 meter.

Kawasan ini menjadi bagian ketertarikan para wisatawan. Tidak sedikit yang berkunjung menaiki Gunung Api Purba ini untuk berfoto atau bermalam di tenda. Di setiap titik istirahat sudah ada pendopo yang biasa digunakan untuk beristirahat dan memandang alam bebas dari ketinggian.

Gunung Api Purba Nglanggeran

Instagram: @eliavetty

Kamu Bakal Disuguhi Pemandangan Luar Biasa Dari Atas Gunung Ini!

Panorama yang disuguhkan di lokasi ini meliputi pesona matahari terbit seperti sunrise dan juga matahari tenggelam atau sunset. Jutaan bintang yang bersinar di langit sangat bisa dinikmati saat malam hari.

Gunung Api Purba ini sangat cocok digunakan untuk panjat tebing atau rock climbing. Keindahan alam yang terlihat dari gunung Api Purba ini menjadi bagian obat mata yang baik karena pegunungan dan perkampungan penduduk yang berbaris melengkapi.

Gunung Api ini memiliki beberapa macam gunung yang mana memiliki sejarah tinggi. Pertama adalah Gunung Kelir. Gunung Kelir berbentuk menyeruapi kelir dan diakini adalah tempat tinggal dari Ongo Wijoyo dan Punakawan.

Selanjutnya ada Sumber Air Comberan. Sumber air ini kabarnya tidak pernah surut meski musim kemarau lho. Di lokasi ini juga ada tempat pemujaan dan pertapaan yang digunakan oleh orang terdahulu.

Gunung Api Purba Nglanggeran

Instagram: @nanda_r_a

Gunung Api Purba Terbagi Menjadi Beberapa Gunung Dan Lokasi Lainnya. Apa Saja Yah?

Berikutnya adalah Gunung Gedhe. Gunung Gedhe menjadi gunung terbesar di antara pegunnungan lainnya yang ada di Gunung Api Purba ini. Para pendaki yang menyusuri tempat ini banyak menggunakannya untuk lokasi camping ground. Keindahan yang ditawarkan di lokasi ini menjadi kawasan yang dipilih para pendaki untuk mendirikan tenda dan menikmati malam.

Gunung Bongos, adalah gunung yang berwarna hitam seperti arang dan digunakan sebagai tempat meletakkan blencong. Gunung Blencong merupakan gunung yang dipakai untuk lampu dan penerangan Kyai Ongko Wijoyo saat bersama dengan Punakawan.

Selain itu, ada Gunung Buchu yang berbentuk lancip. Gunung ini berasal dari puncak Gunung Merapi yang dipindah oleh Punakawan. Gunung tersebut dibawa ke desa Kemadang yang dipikul menggunakan kayu jarak. Berhubung di lokasi tersebut ada sumber air yang memiliki besar seperti dandnag makan gunung tersebut ditanam dan diberi nama Sedandang. Bentuk Gunungnya lancip dan biasa digunakan untuk panjat tebing.

Tologo Wungi. Di gunung Api Purba ini juga terdapat Tlogo Wungu. Keberadaan Tlogo ini hanya bisa dilihat oleh orang yang benar-benar bersih dan prihatin yang akan mengetahui keberadaan Tlogo ini di timur Gunung Nglanggeran. Konon, Tlogo ini merupakan pemandian dari bidadari, yang jika berhasil melihat tlogo ini akan mendapat canthing emas atau tlundak emas.

Gunung Api Purba Nglanggeran

Instagram: @the_freerider

Tlogo Mardhido merupakan tlogo yang disebut sebagai pemadian Kuda Sembrani tunggangan bidadari. Konon di lokasi tersebut ada bekas tapak kuda Sembrani yang membekas di batu. Sementara itu Talang Kencono merupakan talang air dari Tlogo Mardhito yang mana hingga ke Jimatan Kota Gedhe Yogyakarta.

Terakhir adalah Pamean Gadhung. Mitosnya ada pohon gadhung yang ujungnya hingga ke Gunung Merapi. Kawasan ini kini banyak dihuni oleh monyet, kelelawar dan juga ular.

Tiket Masuk Gunung Api Purba Nglanggeran

Harga tiket masuk ke Gunung Api Purba Nglanggeran ini sebersar Rp. 7.000 untuk sore hari dan Rp. 9.000 untuk malam hari. Fasilitas yang ada di Gunung Api Purba Nglanggeran ini ada Posko Kesehatan, Pusat Informasi, Pusat Kuliner, Balai Pertemuan, Toilet, Home Stay, Jalur Pendakian, tempat ibadah, dan camping ground.

Bagaimana? Seru kan bisa menaiki Gunung Api Purba Nglanggeran. Ayo kamu kapan? Eh untuk kamu yang ingin jalan-jalan di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Mulai dari sewa Avanza Jogja hingga sewa Alphard Jogja. Selamat berlibur. 🙂

Immanuel

About Immanuel

08112635846