Watu Amben Tugu Wisata

Watu Amben: Tahu Nggak Sih Wisata Bukit Ini Dekat Banget Sama Bukit Bintang?

www.tuguwisata.com – Ada lagi sebuah kawasan perbukitan yang merupakan kompleks dari selatan Bukit Bintang Gunugkidul, yakni Watu Amben. Lokasi Watu Amben ini memang lebih tinggi dari kawasan Bukit Bintang yang menyuguhkan adanya pemandangan dari ketinggian yang tidak kalah indahnya.

Potensi kawasan ini terbilang sangat potensial namun sepertinya masih belum terselesaikan karena masih dalam progress pengembangan. Akan tetapi fasilitas seperti warung yang menjajakan makanan dan minuman sudah mulai beredar di kawasan wisata Watu Amben.

Watu Amben Tugu Wisata

Instagram: @echa1288

Kawasan wisata ini berada tepat di dusun Pandeyan, desa Girimulyo, kecamatan Piyungan, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Dinamai dengan Watu Amben ini karena adalah beberapa batu yang berada di lokasi berbentuk Amben atau dalam bahasa Jawa artinya tempat tidur. Dari kisah yang ada di lokasi, penamaan ini khususnya batu tempat tidur tersebut merupakan jejak dari tempat peristirahatan sejenak petinggi kerajaan yang tengah melakukan perjalanan.

Lokasi Obyek Wisata Watu Amben Ini Di Dekat Bukit Bintang. Buktinya?

Lokasi obyek wisata Watu Amben ini berada di selatan perempatan kecil Puncak Bukit Patuk yang mana memasuki kawasan pegunungan seribu. Rutenya dari kota Yogyakarta bisa menuju ke Jalan Wonosari-Jogja hingga melewati tanjakan, kemudian ada perempatan kecil yang mana terdapat papan petunjuk menuju ke lokasi dan pos polisi. Pilih kanan menuju ke arah Dlingo Bantul. Kondisi jalan memang sedikit menanjak, kemudian satu kilometer dari tanjakan tibalah di kawasan obyek wisata ini.

Di jalan menuju ke lokasi sudah terpasang bahwa pengunjung memasuki kawasan Watu Amben Pandeyan yang mana papan lokasi tersebut berada di area pinggir tebing. Dekat dengan papan tulisan adlaah informasi mengenai potensi wisata yang ada di kampung Pandeyan yakni salah satunya adalah Watu Amben. Akan tetapi kondisi papan petunjuk dan papan informasi sudah mulai rusak.

Watu Amben Tugu Wisata

Instagram: @alfatography

Warung yang berderet untuk menyuguhkan makanan dan minuman sudah mulai dibangun dan dibuka dagangannya di sekitar kawasan area Watu Amben Pandeyan. Beberapa warung yang telah menggunakan bangunan semi permanen dan sisanya sudah permanen. Makanan dan minuman yang disuguhkan layaknya kawasan Bukit Bintang. Namun biasanya mereka buka menjelang sore saja.

Suasana yang tenang di sekitar kawasan ini sangat recommended bagi mereka yang menyukai ketenangan dan kenyamanan batin. Lebih luas dan juga memanjang yang mana diharapkan dapat menampung banyak pengunjung.

Ada Damai Menyelimuti Kawasan Ini. Cocok Untuk Kamu Yang Ingin Melepas Penat!

Watu Amben Tugu Wisata

Instagram: @andiwinata83

Kawasan wisata Watu Amben ini mempunyai kesamaan jenis batu vulkanik yang keras berwarna kehitaman. Keberadaan batu-batu tersebut memang sering dikaitkan dengan Gunung Merapi Purba yang mana dimaksudkan ke Gunung Api Purba Nglanggeran sebagai kawasan puncaknya. Selain itu kondisi alam yang ada di Watu Amben ini masih sangat asri. Meski sudah ada beberapa fasilitas semi permanen yang dibangun di kawasan.

Jika Anda berkesempatan mengunjungi Bukit Bintang, tidak ada salahnya untuk mendatangi kawasan wisata ini karena kawasan ini juga bisa menjadi pilihan atau alternative wisata di Gunungkidul dan sekitarnya. Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Mulai dari sewa Avanza Jogja hingga sewa Alphard Jogja. Selamat berlibur. 🙂

Immanuel

About Immanuel

08112635846