Candi Papringan: Terbengkalai dan Tinggal Beberapa Onggok Batu

www.tuguwisata.com – Menilik sejarah dan segala situs kebudayaan yang ada pada zaman dahulu menjadi minat tersendiri bagi masyarakat yang menyukai wisata sejarah. Ada orang yang beranggapan untuk apa sih menengok seonggok batu? Pemikiran ini lebih baik kita singkirkan dahulu gaes.memiliki banyak pengetahuan tidaklah rugi bukan? jika membca membuatmu merasa kurang lengkap berarti akan lebih baik jika kamu mengamati secara langsung bagaimana nasib sebuah situs yang ada di Indonesia khususnya di wilayah Yogyakarta.

Yogyakarta merupakan wilayah dengan penyebaran situs bersejarah yang sepertinya paling banyak di tanah Jawa. Pasalnya, daerah ini merupakan bekas dari sebuah kerajaan besar, Kerajaan Mataram Kuno. Dari beberapa wialyah penyebarannya, rupanya wilayah Gunungkidul menjadi suatu wilayah yang juga tersebar beberapa situs percandian atau situs bersejarah purbakala. Satu dari situs tersebut adalah candi Papringan.

candi papringan

Sumber: http://nyariwatu.blogspot.co.id

Lokasi Candi Papringan

Candi Papringan adalah candi yang berada di Dusun Papringan, Desa Plembutan, Kecamatan Playen, Gunungkidul, Yogyakarta. Situs ini sudah bukan lagi dalam bentuk candi yang utuh. Candi di lokasi ini hanya tersisa batu—batu candi yang tersebar. Bahkan ada yang mengatakan bahwa batu dari candi ini telah digunakan sebagai bahan membuat jalan.

Sikap acuh penduduk rupanya masih melekat pada masyarakt setempat. Sayang sekali jika situs yang bisa dikenalkan kepada masa yang akan datang mulai punah. Lalau apa yang akan mereka kenal di masa depan jika bukan dari mengupas masa lalu?

Dari kompleks candi Papringan, adalah sebuah batu candiyang telah terkubur dalam tanah dan beberapa batu menjulang ke atas permukaan.

Ada juga beberapa batu candi yang dirapikan di beberapa sudut halaman candi. Candi ini juga masih memperlihatkan beberapa umpak yang bentuknya mirip dengan candi yang ada di situs Watu Gedig di Prambanan. Selain tiu, ada pula sebuah lubang di badan candi yang diperkirakan sebagai bagian dari sumuran candi yang telah digali paksa oleh orang yang tak memeprdulikan kekayaan peninggalan bersejarah.

candi papringan

Sumber: http://navigasi-budaya.jogjaprov.go.id

Dahulu, candi ini mempunyai sebuah arca. Namun setelah diidentifikasi candi ini hanya berupa arca yang belum selesai dibuat. Dan kondisinya saat ini belum jelas berada keberadaannya.

Untuk menuju ke lokasi, jalur yang digunakan terbilang sangat mudah. Ikuti saja rute yang diarahkan oleh Google Maps yang ada di smartphone kamu. Atau jika sudah berada di Playen bisa kamu meminta petunjuk kepada warga.

Tidak ada tiket masuk untuk mengunjungi Candi Papringan ini. Jadi selamat berpiknik murah! Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

Immanuel

About Immanuel

× 08112635846