Candi Retno Ini Mulai Terasing dan Terlupakan

www.tuguwisata.com – Selain adanya candi Prambanan, candi Borobudur, dan candi lain yang ada di bekas wilayah kerajaan Mataram, adalah beberapa candi lain yang turut melengkapi gugusan percandian yang ada di wilayah Yogyakarta. Tersebutlah candi Retno, yang mana candi ini merupakan salah satu candi yang berada di wilayah Magelang, Jawa Tengah.

Candi retno magelang

Sumber: http://tamasya90an-ryan.blogspot.co.id

Candi Retno berada di dukuh Bandungan, Desa Candiretno, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang. Candi yang merupakan cagar budaya ini nasibnya mirip dengan candi – candi kecil lain yang lokasinya jauh dari jangakauan. Ia terbengkalai. Hanyalah seperti seonggok bebatuan yang berada di pekarangan rumah saja.

Jika candi-candi lain yang berada di Jawa Tengah menggunakan batu andesit, candi Retno Magelang ini menggunakan batu bata sebagai material bangunan candi.

Namun batu bata yang berada di candi ini tidak seperti batu bata yang digunakan untuk pembuatan rumah penduduk gaes. Batu bata di candi Retno ini berukuran besar. Akan tetapi bentuk bangunan candi sudah tidak lagi utuh. Hanya tersisa pondasi dan juga batu bata yang berantakan.

Selain adanya batu bata yang cukup besar, di candi Retno ini adalah sebuah Yoni yang lumayan besar dan juga sebuah arca Nindi. Namun arca tersebut sudah tidak ada lagi di lokasi melainkan sudah dipindahkan ke Museum Karmawibangga Borobudur.

Dari reruntuhan batu bata tersebut, adalah dua buah Antefiks yang tersisa dengan hiasan ukiran cantik. Selain itu juga adalah beberapa yoni di desa Candiretno ini yang keberadaannya di sawah juga di halaman rumah warga.

candi retno

Sumber: https://www.kompasiana.com/yswitopr

Sangat miris memang melihat keberadaaan situs yang terbengkalai seperti halnya candi Papringan yang ada di Gunungkidul, Yogyakarta. Kisahnya sama-sama tak terpedulikan, bahkan parahnya ada batu di candi Papringan yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan jalan. Kasihan sekali nasib situs bersejarah yang ada di wilayah ini. Padalah candi lain yang menjadi sumber potensi wisata sejarah. Mengapa hal tersebut tidak juga dilirik oleh wiatawan untuk ke Candi Retno?

Tidak ada tiket masuk untuk mengunjungi candi Retno. Dan kamu juga bisa berkunjung kapan saja. Salam Dolaners. Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

Immanuel

About Immanuel

× 08112635846