Air Terjun Parangendog Tugu Wisata

Air Terjun Parangendog: Destinasi Cantik Yang Kadang Terlupa

www.tuguwisata.com – Kawasan Daerah Istimewa Yogyakarta memang tidak pernah selesai untuk menceritakan destinasinya. Selain pantai indah di Jogja, Malioboro, Prambanan, kalian juga akan menilik banyaknya air terjun yang tersebar di Jogja ini. Beralih dari air terjun yang ada di Kulon Progo dari perbukitan Menoreh, adalah sebuah air terjun yang juga berasal dari perbukitan namun kali ini bukitnya berada di dekat dengan pantai paling populer di Jogja yaitu Pantai Parangtritis. Bernama Air Terjun Parangendog atau juga yang dikenal dengan Air Terjun Dadakan berada di timur kawasan pantai Parangtritis.

Air terjun Parangendog kemudian menjadi air terjun yang sangat banyak dikunjungi ketika musim hujan. Air terjun ini memang merupakan air terjun musiman. Berasal dari aliran sungai yang semakin deras jika musim hujan dan jatuhnya air memang sangat dekat dengan pantai, sehingga air terjun Parangendog ini menjadi wisata dadakan di kala musim hujan.

Air Terjun Parangendog

Instagram: @suryojdb

Sebenarnya Air Terjun Parangendog Ini Lebih Disebut Grojokan

Jika ditilik sebenarnya kepada grojogan yang dalam bahasa Jawa air yang deras tumpah jatuh. Dekat dengan Hotel Queen South Beach Resort dan juga tbing perbukitannya. Untuk menuju ke lokasi pengunjung bisa langsung ke pantai Parangtritis, kemudia menyusuri tepian pantainya sejauh lebih kurang 500 meter kea rah timur. Kalau dirasa cukup jauh, pengunjung bisa memanfaatkan bendi atau delman dan juga ATV untuk menuju ke lokasi.

Tidak begitu jauh untuk melihat air yang jatuh dengan derasnya langsung ke bibir pantai. Meski dekat dengan Queen South Resort namun pengelola tidak memanfaatkannya sebagai bagian dari paket wisata. Pemerintah Provinsi Bantul juga belum meilirk potensi wisata yang ada di satu kawasan wisata Parangtritis.

Setibanya di area air terjun Parangendog pengunjung akan mendapatkan nuansa segar yang berada. Angin laut juga air terjun yang mengalir, semuanya itu menjadi perpaduan nuansa sejuk yang berlipat. Air terjun yang berpotensi ini memiliki air terjun yang bertingkat. Debit air yang ada pada air terjun ini memang bergantung pada musim. Terhalang oleh bebatuan karang sehingga mungkin banyak yang tidak mengetahui atau juga tidak memperdulikan.

Air Terjun Parangendog

Instagram: @janedonnaheroanto

Air yang jatuh ini cukup jernih dan deras, tetapi kalau musim kemarau air tidak akan mengalir sama sekali. Rupanya tidak mengalirnya air di kawasan karena dibendung untuk keperluan irigasi pada saat musim kemarau.

Kawasan air terjun Parangendog ini mulai pada tahap pengembangan. Sudah mulai ada beberapa gubug kecil yang menjajakan makanan ringan juga minuman. Adanya gubug dari pedagang membuat banyak keuntungan bagi pengunjung untuk urusan perut dan juga bisa berteduh saat panas terik.

Akan tetapi banyak kasus di kios jajanan seperti ini luar biasa mahal apabila pedagang mmengerti pengunjung berasal dari luar Jogja terutama. Harga bisa elambunng selangit dari batas harga normal. Oleh karena itu berhati-hatilah untuk membeli makanan dan juga minuman di area wisata seperti di kawasan pantai Parangtritis.

Indahnya air terjun Parangendog yang terbilang musiman akan menjadi tetap menjadi indah jika pengunjung tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar air terjun. Tidak lupa jika berkunjung juga bisa mempromosikan wisata yang ada di Jogja agar dunia tahu bahwa Indonesia ini kaya akan tempat wisata. Jadi berlibur tidak hanya ke Bali saja gaes, Jogja bisa menjadi tujuan wisata di saat berlibur kamu. Selain murah-murah, penduduknya juga ramah. Menyenangkan sudah!

Air Terjun Parangendog Tugu Wisata

Instagram: @jogjakartaid

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Sewa mobil di Jogja di Tugu Wisata mulai dari sewa Avanza Jogja hingga sewa Alphard Jogja. Selamat berlibur. 🙂

Immanuel

About Immanuel

08112635846