Miris. Situs Pringtali Ini Mulai Tergerus Zaman

www.tuguwisata.com – Jogja memiliki segudang potensi wisata yang memang tak pernah surut untuk dikupas. Setiap sudutnya menyimpan jutaan wisata baik alam, budaya, kuliner, juga sejarah. Satu wisata sejarah yang terkenal di Jogja adalah banyaknya situs percandian. Umumnya candi yang ada di Jogja tersebar di Jogja bagian timur. Namun ternyata adapula di Jogja bagian barat atau Kulon Progo juga terdapat situs yang sudah cukup dikenal yakni Situs Pringtali.

Situs ini berada di Dusun Pringtali, Desa Kebon Harjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Bangunan ibadah ini terbilang masih banyak menyimpan misteri dan masih dianggap sebagai benda keramat oleh penduduk setempat. Situs Pringtali sudah banyak disebut candi. Candi ini memiliki stupa dan memiliki ketinggian sekitar dua meter.

situs pringtali kulon progo

Instagram: @pringtalikebonharjo

 

Bentuk candi Pringtali menurut dugaan memang susah tidak asli lagi.

Beberapa bagiannya sudah banyak yang hilang. Dan menurut perkiraan sudah berusia ratusan tahun. Namun hingga kini belum banyak kejelasan mengenai asal usul candi Pringtali.

Mengenai kondisi situs Pringtali ini terbilang memprihatinkan. Di dekat candi ada sebuah beringin besar yang bisa membuat candi rusak melalui akar-akar yang mengakar ke badan candi. Informasi yang diperoleh candi ini merupakan candi peninggalan umat Hindu. Buktinya ditunjukkan dari adanya lingga yang ada pada candi tersebut.

Namun hingga kini para arkeolog belum dapat mengungkap kapan mula candi Pringtali ini dibangun. Sepinya pengunjung membuat situs ini semakin terlihat tidak terawat dan kurang menarik. Kemudai lokasinya jug aterpencil dan berada di atas pegunungan. Mungkin banyak yang menduga bangunan yang terlihat ini aneh dan bukan seperti candi bersejarah namun bangunan gapura yang hanya seonggok saja dan tertutup lumut.

Akses Menuju Situs Pringtali

Akses menuju ke lokasi situs candi Printali ini bisa kalian tempuh melalui dua jalur. Dari perempatan Nanggulan ambil arah goa Kiskendo – Pendoworejo – Dusun Nogosari – Dusun Pringjati – SD Kebon Harjo – Tanya Warga. Kemudian dari perempatan Dekso kea rah Kecamatan Samigaluh – Tootogan –Plono – Gereja Kalirejo – Hutan Pinus – Balai Desa Kebon Harjo – Dusun Pringtali – SD Kebon Harjo – Tanya Warga.

Untuk menuju ke lokasi memang membutuhkan tenaga ekstra gaes. Sama halnya menempuh ke wisata alam Kulonprogo yang juga harus ditempuh dengan kekuatan Ninja Hatori.  Semoga situs bersejarah yang dimiliki Indonesia khususnya yang ada di Yogyakarta tetap berdiri dengan anggun untuk mengenalkan bukti sejarah kepada generasi yang akan datang.

Tidak ada tiket masuk dan tiket parkir. Hanya jaga kesopanan dan keselamatan. Selamat berkunjung. Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata JogjaPaket Wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

Immanuel

About Immanuel

08112635846