Baron Techo Park – Pantai Parangrucuk: Ada Balai Pengkajian Dinamika Pantai

www.tuguwisata.com – Pantai di pesisir selatan Jawa seperti di Gunungkidul memang tidak pernah selelsai untuk dikupas. Rasanya sudah banyak destinasi pantai yang ada di Gunungkidul. Akan tetapi rupanya adalagi pantai-pantai baik yang masih tersembunyi maupun yang baru saja mulai dikembangkan. Selain pantai Baron, pantai Sundak, pantai Indrayanti, ada pantai lain yang bisa dijadikan lokasi wisata ketika berkunjung ke Gunungkidul yakni Pantai Parangrucuk.

Pantai Parangrucuk mungkin masih terdengar asing karena banyak yang tidak menduga keberadaannya ada di sebelah barat pantai tertua di Gunungkidul yakni pantai Baron. Semenanjung dari pantai Baron ini ruapnya menghasilkan kawasan wisata baru yakni pantai Parangrucuk.

Pantai Parangrucuk Baron Techno Park

Instagram: @spotjogjahits

Lokasi Pantai Parangrucuk

Kawasannya merupakan kawasan pantai dengan tebing karang tnggi yang telah berbatasan langsung dengan lautan dalam. Lokasi tepatnya berada di desa Kemadang, kecamatan Tanjungsari, kabupaten Gunungkidul. Jarak kawasan pantai Parangrucuk dan pantai Baron ini hanya sejauh 3km namun melalui jalur memutar meski lokasinya hanya berada di sebelah barat antai Baron.

Adapun saran untuk menuju ke lokasi adalah bisa menanyakan ke penduduk setempat kebeadaan pantai Parangrucuk ini. belum begitu banyak papan infromasi mengenai pantai Parangrucuk ini sehingga bisa menjadi tersesat meski sudah menyusur jalan yang dimaksud.

Pantai Parangrucuk Baron Techno Park Tugu Wisata

Dokumentasi Pribadi

Sementara itu, kawasan pantai ini rupanya merupakan kawasan dari Balai Pengkajian Dinamika Pantai (BPDP). Sengaja dibangun di pantai Parangrucuk. Balai ini dibangun di kawasan pantai sebagai tempat penelitian dan pengembangan sumber energy alternative. Kondisinya serupa dengan pantai Baru yang berada di Bantul. Pantainya juga digunakan sebagai lokasi penelitian sumber enegeri alternative yakni kincir angin.

Balainya Merupakan Unit BTTP

Balai Pengkajian Dinamika Pantai alias BPDP merupakan salah satu unit bagian dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BTTP) Yogyakarta. Balai ini telah berkompeten dalam pengkajian fenomena dinaikan pantai yang tengah melaksanakan kajian sumber energy laut dari pembangunan Prototipe pembangkit listrik dari adanya gelombang laut atau PLTG (Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang). Selain itu, sumber tenaga lain seperti solar cell dari tenaga matahari juga dibangun di kawasan Pantai Parangrucuk, serta ada pembangun kinsir angin untuk pembakit listrik tenaga angin.

Pantai Parangrucuk Baron Techno Park Tugu Wisata

Instagram: @black.ants

Adanya balai yang berada di kawasan ini tentu membuat kesan tersendiri bagi para pengunjungnya. Pantai Parangrucuk ini memang menjadi salah satu destinasi yang tidak sekedar sebagai kawasan wisata alam namun juga pendidikan karena bisa dilakukan penelitian mengenai tenaga listrik yang berada di kawasan ini.

Lepas Memandang Lautan

Tepi kawasan yang langsung berhadapan dengan lautan ini menjadi menarik bagi para penikmatnya. Pemandangan laut lepas tanpa penghalang adalah satu ciri dari pantai ini. Udara yang berhembus langsung menjadi kesegaran bagi para penikmat aroma lautnya sendiri.

Bagi yang lebih menyukai kawasan pantai dengan segala fasilitas lengkap. Dan pasirnya memang tidak begitu cocok untuk berkunjung ke kawasan ini. Namun tidak ada salahnya jika kalian mampir ke kawasan pantai Parangrucuk untuk melihat teknologi yang ada di kawasan ini. Happy traveling 🙂

Nah kalau Anda ingin berkeliling kota Jogja juga ke pantai-pantai menarik di Gunungkidul bisa nih jalan-jalan bersama kami. Kami menyediakan paket wisata Jogja yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan sewa mobil di Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Mulai dari sewa Avanza Jogja hingga sewa Alphard Jogja. Selamat berlibur. 🙂

Immanuel

About Immanuel

× 08112635846