green kayen jogja tugu wisata

Mirip Blue Lagoon Tirta Budi Nih, Tapi Namanya Green Kayen!

www.tuguwisata.com – Membahas wisata Jogja memang tidak pernah kunjung tuntas. Selalu ada yang baru dan menarik wisatawan untuk dikunjungi. Keberadaannya sudah ada namun baru dikelola. Sleman, yang merupakan satu kabupaten dengan banyak potensi wisata selain situs percandian, adalah wisata air atau wisata alam yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi yakni salah satunya adalah Green Kayen.

Green Kayen bukan Green Canyon, adalah suatu daya tarik wisata baru di daerah Condongcatur dengan basis pedesaan. Utamanya adalah memanfaatkan aliran sungai sebagai potesi wisata. Sebelum dijadikan sebagai lokasi wisata, kawasan ini adalah temppat pemandian para warga setempat. Namun melihat pengunjung lokasi semakin banyak maka mereka para penduduk setempat berinisiatif mengembangkan menjadi obyek wisata.

green kayen jogja tugu wisata

Instagram: @jogjaku

Lokasi Green Kayen

Green Kayen ini berada di dusun atau kampung Kayen, desa Condong Catur, kecamatan Depok, kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. lebih tepatnya berada dekat dengan Jalan Kaliurang Yogyakarta. Rute dari pusat kota Jogja menuju ke Jakkal km 7. Untuk menuju ke lokasi yang diperhatikan adalah patokan jalan masuk yakni ke arah barat/kiri samping toko cat Wawawa. Selanjutnya ikuti jalan hingga ke pasar Kolombo, ikuti jalan kecil hingga ujung pertigaan, kemudian terdapat tugu kecil maka ambil kanan.

Selanjutnya ikuti jalan hingga bertemu dnegan lapangan dan lokasi Green Kayen berada di dekat lapangan tersebut. Untuk lokasi parkirnya bisa menggunakan lapangan desa dan tepi jalan. Sarannya pengunjung lebih baik menggunakan kendaraan roda dua menuju lokasi.

Green Kayen ini merupakan aliran Sungai Boyong yang mana titik sumber mata airnya berada di lereng Gunung Merapi. Menurut info, aliran Sungai Boyong ini melewati beberapa kawasan pemancingan yang ada di Sleman yakni sebelah barat pasar Pakem.

Ada cerita apa sih dibalik penamaan Green Kayen?

Mungkin pada awalnya, nama Green Kayen merupakan plesetan dari Canyon/Kanyon. Akan tetapi sebenarnya, nama Kayen tersebut merupakan nama perkampungan yang berada di timur aliran sungai. Sebelum digunakan untuk lokasi pemandian dan juga tempat wisata, nama Green Kayen ini dikenal dengan Mantras atau Kali Mantras.  Masyarakat sudah lama memanfaatkan aliran sungai ini untuk mandi karena aliran airnya cukup bersih dan jernih.

Nama Green Kayen memang mirip dengan Green Canyon, namun pada akhirnya keputusan nama ‘Kayen’ diambil menyesuaikan nama desa di lokasi tersebut. Dari peresmian nama dan obyek wisata berbasis masyarakat dan pedesaan ini telah dilakukan oleh Bupati Sleman pada bulan Mei 2016.

green kayen jogja tugu wisata

Instagram: @fotohery

Suasana alami dan asri sangat terlihat dari aliran Sungai Boyong di kawasan Green Kayen ini. Adanya tebing setinggi sekitar 5 meter di kedua sisinya. Tanggul yang dibuat juga terkesan alami karena menggunakan bebatuan alami. Tebing-tebing di lokasi juga masih rimbun oleh pepohonan seperti bamboo, pohon sengon, dan juga semak-semak. Nuansa rindang memang kental di area ini. Selain itu, aliran sungai yang berwarna hijau membuat cukup menarik pengunjung karena rata-rata tepi aliran dibuat beton atau tanggul pengaman.

Asrinya Alam dan Segarnya Air Ini Membuat Green Kayen Sangat Potensial

Untuk berendam di Green Kayen ini pengunjung disarankan menggunakan jaket pelampung yang disewakan oleh pengelola untuk keamanan. Harga masih terjangkau pastinya gaes. Untuk penjagaannya, pihak pengelola menjaga kawasan pada siang dan sore jika di hari biasa, namun pada akhir pekan biasanya dijaga dari pagi hingga sore.

Kawasan yang sangat mirip dengan Blue Lagoon Tirta Budi yang lokasinya tidak jauh dari Green Kayen ini menjadi kawasan wisata alternative di Sleman. Semoga bisa menjadi pilihan wisata murah Jogja ya gaes! Happy Travelling.

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Sewa mobil di Jogja di Tugu Wisata mulai dari sewa Avanza Jogja hingga sewa Alphard Jogja. Selamat berlibur. 🙂

 

Immanuel

About Immanuel

08112635846