GOA GAJAH MANGUNAN: GOA EKSOTIS DARI WILAYAH IMOGIRI BANTUL

GOA GAJAH MANGUNAN: GOA EKSOTIS WILAYAH IMOGIRI BANTUL

www.tuguwisata.com – Mangunan tidak sekedar terkenal dari Hutan Pinus Mangunan atau juga Kebun Buah Mangunan. Akan tetapi ada sebuah goa yang bisa kamu datangi ketika berkunjung ke daerah Mangunan Bantul ini. adalah Goa Gajah namannya.

Goa Gajah Jogja adalah goa alami yang di dalam goa tersebut memiliki gumpalan batu mirip dengan gajah. Sehingga alasan tersebut yang menjadikan penduduk menamai goa ini dengan goa gajah. Goa Gajah merupakan goa yang berbentuk horizontal dengan kedalaman sekitar 200 meter. Adapun untuk kedalamannya sendiri belum begitu diketahui dengan detail. Pasalnya tumpukan tanah yang ada di sebagian goa menghalagi jalan untuk menyusur kedalaman goa sehingga menjadi sempit untuk ditembus.

Goa Gajah Mangunan

Instagram: @anggaderipradetya

 

Kondisi Goa Gajah Sangat Alami

Kondisi goa ini masih sangat alami karena cukup alami dengan adanya stalaktit dan stalakmit di sepanjang goa tersebut. Apabila kamu ingin menapaki goa dan menyusurnya kamu akan menjumpai sebuah pohon besar yang juga menjulang tinggi mirip dengan hutan mini di dalam goa. Adanya pohon dan semak-semaknya adalah atap goa yang pernah runtuh oleh tanaman di atasnya.

Kamu juga perlu berhati-hati gaes saat masuk mengingat lantai goanya yang licin terlebih pada musim penghujan. Juga di dalam goa yang begitu gelap, disarankan kepada semua wisatawan untuk mempersiapkan senter ataupun alat penerangan lainnya. Dengan jarak sedemikian ratus nantinya pengunjung akan mengakhiri perjalanan di pintu keluar yang ada di arah berlawananan.

Goa Gajah Mangunan

Instagram: @beautifulyogyakarta

Keunikan

Keunikan yang ada di goa Gajah Mangunan ini adalah untuk jalan masuknya pengunjung akan emlewati pintu goa berbentuk horizontal namun pintu keluarnya berbeda yakni berbentuk vertikal dengan sebuah pohon besar yang tumbuh dari dasar goa serta menjulang keluar mulut goa. Namun tidak perlu khawatir karena pengunjung bisa menggunakan tangga kayu untuk keluar dari goa sebagai alat bantu naik.

Selain goa gajah pengunjung juga bisa menikmati goa-goa kecil yang ada di wilayah goa gajah ini seperti Goa Longan, Goa Wonolagi, Goa Menek, Goa Jamiromo, Goa Vertikal, dan Goa Kembang. Andapun bisa melepas lelah dari perjalanan menyusur goa karena di goa tersebut pengunjung dapat memandang panorama alam yang indah diselimuti angin dan udara pegunungan yang sejuk di gardu pandang yang disediakan.

Goa Gajah Mangunan Jogja

Instagram: @goagajah_lemahbang

Jika kamu tertarik jangan sungkan untuk eksplor wisata Indonesia seperti Goa Gajah ini ya gaes. lokasinya ada di kawasan pegunungan desa Lemahabang, Imogiri, Bantul. Bisa ditempuh melalui dua jalur yakni jalur Imogiri-Dlingo dan juga Pathuk-Dlingo-Mangunan. Selamat Berkunjung.

Goa Gajah Jogja

goagajah_lemahbang

Selain Goa Gajah, kamu juga bisa menengok goa cantik lain yang ada sungainya yakni Goa Cerme yang masih di wilayah Imogiri Bantul. Happy Traveling Everyone! Kalau Travelingmu belum happy bisa lho hubungi kami untuk membantu membangkitkan kebahagian kalian. Yuk pikik bareng! Kami menyediakan paket tour Jogja murah yang bisa membuat kalian happy sepanjang waktu. selain itu, kami juga menyediakan pilihan rental mobil murah di Jogja yang bisa menemanimu berkeliling kota Gudeg ini. 🙂

Immanuel

About Immanuel

08112635846