curug cibiru tugu wisata

Masih Asing Dengan Curug Cibiru? Selain Sebagai Wisata Alam Curug Ini Sekaligus menjadi Wisata Sejarah Kyai Sampan

www.tuguwisata.com  – Beragam destinasi wisata alam yang patut dikunjungi oleh para pecinta traveler sejati. Menyusur sungai, menyeka keringat demi merasuk ke hutan demi mendapatkan kedamaian dan piknik anti mainstream bisa banget kamu lakukan dengan berkunjung ke air terjun atau curug. Kalau kamu berkunjung dan siap menjadi Ninja Hatori, kamu bisa bertandang ke Curug Cibiru.

Masih asing dengan Curug Cibiru? Curug Cibiru adalah suatu destinasi air terjun yang berada di Dusun Ngentak, Desa Pageharjo, Samigaluh, Kulon Progo. Nah kalau kamu ingin bertandan ke lokasi yang sepi akan pengunjung bisa banget kamu memilih air terjun Cibiru atau Curug Cibiru Kulon Progo ini.

curug cibiru tugu wisata

Instagram: @in_destination

Lokasi Curug Cibiru Ini Tepat Berada Di Tengah Hutan. Karena Ada Suara Burung Bersahutan Sembari Dengar Gemercik Air

Berada di tengah hutan, tak salah jika banyak burung-burung dan pepohonan yang rindang menyejukkan pikiran. Dari area parkir, adalah sekitar 15 menit suara gemercik air memanggil-manggil untuk segera diapeli. Perpaduan air, suara burug, angina yang masuk di celah pohonnya, semuanya mengasyikan menimbulkan suatu aroma baru dan harmonisasi yang damai.

Kawasan curug ini termasuk ke dalam curug yang sudah terkelola dengan baik lho gaes. karena banyak curug-curug yang potensial belum begitu terkelola. Di curug Cibiru ini kamu bisa melewati aliran sungai tanpa harus berbasah kaki karena ada jembatan yang terbuat dari bamboo yang membuat penghubung.

Berkunjung ke air terjun yang super cantik ini menjadi obat alami yang bisa mengobati derai stress, tekanan batin, dan lainnya. Sesampainya di lokasi bersiaplah untuk mendapati keindahan air terjun dan dinginnya udara yang ada di sekitar. Warna air di curug ccibiru ini terbilang indah karena berwarna biru jernih.

curug cibiru tugu wisata

Instagram: @marwan_donovan

Ada Kisah Kyai Sampan di Curug Cibiru?

Bagi para pemburu obyek fotografi cantik bisa berkunjung ke Air Terjun Cibiru ini misalnya. Buat kamu yang suka selfie juga bisa mengunjungi lokasi ini. Di sekitar curug ada papan informasi yang bisa kamu baca gaes. Penting juga lho demi menambah wawasan. Jadi di curug ini ada sebuah kisah yang tenar di masyarakat yaitu seorang pengembara berkuda yang diketahui adalah Kyai Badri atau Kyai Sampan tahun 1943.

Berada di gorjogan air terjun tersebut beliau bersemedi selama 7 hari, 7 malam, dan berikutnya bertapa di Goa Tundo Telu selama 40 hari, 40 malam, dengan adanya dua tujuan yakni Negara Kesatuan Republik Indonesia Segera Merdeka dan Rakyat Diberikan Kemudahan dalam Memenuhi Sandang dan Pangan.

Pada akhirnya Kyai Sampan impian Kyai Sampan terwujud. Indonesia memplokamirkan kemerdekaan 17 Agustus 1945. Meski demikian, penduduk Ngentak masih mengalami banyak penderitaan. Oleh karea itu beliau masih sering “Topo Broto” di goa tersebut.

Tahun yang saama yakni 1945, di Jetis Gerbosari telah dijatuhi bom. Warga Ngentak semakin ketakutan terlebih melihat adanya peswat yang terbang kesana kemari di udara.

Di air terjun ini ada tiga goa yang mana goa nomor satu, Goa Tundu Elu membuat Kyai Sampan mengajak warga untuk menyimpan “rojo koyonya”. Adapun di goa nomor 2 dijadikan untuk tempat bersemedi. Di goa yang ketiga adalah temapt untuk menyimpan harta benda yang mana lebih berharga bagi warga Ngentak kala itu.

Adanya wisata alam sekaligus wisata sejarah yang ada di kawasan ini membuat daya tarik tersendiri bagi para wisatawan pastinya. Tidak begitu mblusuk banget gaes karena lokasi ini sudah dikelola, ada gazebo yang nyaman digunakan untuk beristirahat juga. Happy travelling. 

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

Immanuel

About Immanuel

08112635846