Suka Kesejukan Alam dan Gemricik Air? Ke Wisata Kampung Air Kragilan Mojosongo!

www.tuguwisata.com – Adalah sebuah wisata kampung air Kragilan di Mojosongo Boyolali Jawa Tengah merupakan satu dari banyak tempat wisata Boyolali yang cukup menarik. Lokasi tepatnya berada di desa Kragilan, kecamatan Mojosongo, kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Wisata kampung air Kragilan ini menjadi tempat wisata yang cukup ramai oleh para wisatawan baik dari hari biasa maupun hari libur. Lokasinya yang sangat nyaman ini memang memberi sensasi yang berbeda setiap harinya.

Wisata Kampung Air Kragilan Boyolali Tugu Wisata

Instagram: @dolanboyolali

Lokasi dan Jam Buka

Wisata Kampung Air ini berada tepat di desa Watu Genuk, Kelurahan Kragilan, Mojosongo, Boyolali. Wisata alam yang dikenal dengan kampong air ini berada sekitar 5 km dari kota Boyolali. Keunikan dari air yang ada di kampong ini adalah kejernihannya yang menenangkan juga sedap dipandang.

Kampoeng air ini dibuka mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00. Jalan-jalan ke tetangga Surakarta ini bisa menjadi kawasan wisata yang pada awalnya bertujuan untuk tempat wisata air untuk difabel. Akan tetapi Arif Mulyadi sang pengelola tidak menemukan tempat dengan lahan yang datar. Oleh karena itu, di lereng pinggiran jalan Watu Genuklah beliau memilihnya sebagai kawasan wisata. Ada niat lain dari pendirian wisata ini yakni lahan pekerjaan untuk masyarakat di kawasan Kragilan.

Wisata Kampung Air Kragilan Boyolali Tugu Wisata

Instagram: @farisfarhans

Ada Suasana Mencekam?

Sungai yang berada di kawasan ini merupakan sungai yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari oleh masyarakat seperti mandi, mencuci, dan juga asupan air minum. Di lokasi ini juga masih terdapat hal mistis yang ditemukan dari adanya pohon beringin besar dan tua dan juga jembatan yang tua. Rupanya dahulu kawasan ini menjadi lokasi yang gelap juga mencekam.

Akan tetapi keangkeran dan gelapnya lokasi diubah menjadi kawasan yang menarik khusunya wisata air bagi keluarga. Aliran sungai yang jernih menjadi daya tarik menuju ke Kampeng Air Boyolali ini. Di kawasan wisata ini juga terdapat sebuah air terjun mini yang mempercantik kawasan. Meskipun berada di perkampungan, kawasan ini tidak sedikit yang berkunjung. Pengunjung kebanyakan adalah yang ingin mencari nuansa alam dan menikmati keindahan sungai.

Dari lahan wisata Kampoeng Air ini lahannya seluas 1000 meter persegi. Air sungai yang mengaliri Kampung Air ini di cat dengan warna jernih kehijauan namun yang membuat kawasan menjadi asri sejuk dan menarik. Akan tetapi kala hujan berubah menjadi kecoklatan.

Wisata Kampung Air Kragilan Boyolali Tugu Wisata

Instagram: @luthfinadenna

Akses Wisata Kampung Air Kragilan

Adapun rute untuk menuju ke kawasan ini bisa menggunakan jalan Semarang-Solo kemudian pasar Mojosongo lewati pertigaan Wika. Selanjutnya menuju kea rah utara yakni ke Tlarat. Lurus hingga SMP Kragilan kemudian jalan samping SMP Kragilan belok ke kiri atau kea rah barat sejauh 1km. perhatikan RS Alhidayah kemudian ikuti tengah perkebunan kemudian ambil kiri 100 meter. Dan bertemulah ke Kampoeng Air.

Tiket masuk menuju ke kawasan ini terbilang murah yakni hanya dengan Rp. 5000 per orang. Pengunjung bisa langsung berenang di aliran sungai yang sangat jernih. Selain itu pengelola juga menyediakan penampungan untuk berenang khususnya anak-anak.

Fasilitas yang ada di kawasan ini terbilang cukup tertata yakni adanya gazebo-gazebo yang berada di area taman. Lalu da juga mini zoo dan juga arena bermain anak. Sementara itru adapula rumah batu yang meniru Rumah Harry Potter. Oleh karena itu, rumah batu ini menjadi favorit untuk kalangan penggila foto selfie!

Nah sangat menarik bukan? Jangan hanya di rumah saja, ada banyak kawasan yang perlu kamu jelajah lho seperti Kampoeng Air ini. So, happy traveling. Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Mulai dari sewa Avanza Jogja hingga sewa Alphard Jogja. Selamat berlibur. 🙂

Immanuel

About Immanuel

08112635846