tebing watu mabur tugu wisata

Tebing Watu Mabur: Ini Cara Kamu Memandang Sunrise Dari Perbukitan Dlingo Bantul

www.tuguwisata.com – Wisata Jogja perbukitan menjadi suatu alternative yang sedang digandrungi anak muda di Yogyakarta. Bukit Menoreh maupun bukit pegunungan Seribu keduanya memiliki spot-spot menarik. Kawasan Dlingo, sebuah kawasan yang menjadi lokasi banyaknya spot wisata alam perbukitan belakangan ini diburu oleh para petualang pemburu sunrise maupun sunset. Adanya gardu pandang di beberapa kawasanlah yang menjadi daya tarik wisata tersebut. Selain adanya Kebun Buah Mangunan, Puncak Becici, Hutan Pinus Mangunan, dan kawasan lainnya yang ada di perbukitan Dlingo, adalah Tebing Watu Mabur.

Tebing Watu Mabur merupakan suatu obyek wisata alam yang berada di Dlingo yang mana telah dikembagkan oleh masyarakat desa setempat bersamaan dengan wisata lainnya yakni Goa Gajah dan Gardu Pandang.

tebing watu mabur tugu wisata

Instagram: @exploreindonesiakece

Lokasi Tebing Watu Mabur

Tebing hits ini berada di dusun Lemahabang, desa Mangunan, kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Kawasan yang resmi dibuka pada bulan Juni 2015 yang mana berada satu kawasan wisata dengan Goa Gajah.

Rute menuju ke lokasi mengikuti ke arah kebun buah Mangunan, hingga menemukan persimpangan terakhir kemudia lihat papan petunjuk menuju kea rah Goa Gajah dan Tebing Watu Mabur. Daya tarik utamanya adalah pemandangan dari atas perbukitan Dlingo Bantul. Pemandangan bukit yang berada di Gunungkidul nampak dari sisi timur dan sisi selatan.

Pemandangan berikutnya adalah jika melirik kea rah bawah tebing adalah persawahan dengan bentuk terasering bertingkat –tingkat yang jika dipandang sangat menarik. Adanya aliran sungai Oyo yang besar juga semakin menambah kesan cantik pemandangan di sekitar tebing watu mabur. Sungai Oyo merupakan sungai yang membatasi wilayah kabupaten Bantul dan kabupaten Gunungkidul.

tebing watu mabur tugu wisata

Instagram: @pesonaimogiri

Fasilitas Di Tebing Watu Mabur Bisa Kamu Manfaatkan Untuk Berkemah

Fasilitas yang ada di kawasan obyek wisata Tebing Watu Mabur ini memang belum sepenuhnya lengkap. Dan masih dalam tahap pengembangan yang cukup lama sebagai kawasan wisata. Di sekitar lokasi sudah ada camping ground yang bisa dimanfaatkan untuk berkemah, ada gardu pandang pohon dan juga area parkir.

Untuk kamar mandi umumnya maish dalam tahap pengembangan. Dengan adanya camping ground di area ini diharapkan dapat menjadi alternative area berkemah yang bisa digunakan selain di Kebun Buah Mangunan. Selain itu, kawasan ini sangat lengkap jika digunakan sebagai kawasan memburu sunrise atau matahari terbit. Tebing Watu Mabur ini menghadap ke arah timur sehingga sangat cocok untuk melihat matahari terbit seperti di bukit Panguk Kediwung.

Jangan Lupa Foto!

Semakin banyak kunjungan tentu akan semakin diperhatikan pengembangan wisatanya. Jika kamu berkeinginan mengunjungi lokasi, ada baiknya kamu membawa serangkaian kamera.  Karena sayang sekali jika sudah menilik lokasi namun kurang kamera yang mendukung. Karena kenang-kenangan yang manis itu wajib diabadikan kan gaes? hehehe.

Jangan buang sampah sembarang untuk menjaga kawasan tetap asri dan happy traveling! Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Mulai dari sewa Avanza Jogja hingga sewa Alphard Jogja. Selamat berlibur. 🙂

Immanuel

About Immanuel

08112635846