Pantai Ngunggah Gunungkidul

Pantai Ngunggah Gunungkidul Juga Masih Belum Banyak Terpublikasi!

www.tuguwisata.com – Pantai Ngunggah begitulah nama pantai ini dinamakan diantara pantai indah lain di Gunungkidul. Sebuah pantai yang menarik perhatian pengunjung. Gugusan pantai di Gunungkidul memang selalu menjadi daya tarik dan minat wisatawan.

Pasir putih di atas pantai yang landai, pantai ini terbilang pantai perawan karena masih belum banyak yang menjamah. Bagaimana mau dijamah? Lokasinya saja berada di balik perbukitan dan menuju ke lokasi harus melalui jalur tracking. Biasanya pengunjung yang menuju lokasi adalah mencari rumput laut di dasar karang pantai atau juga memancing di laut.

Pantai Ngunggah berada di dusun Pejaten, desa Guruwungu, kecamatan Panggang, kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

Tebing pantai yang cukup tinggi diantara pasir putihnya juga semakin menarik. Rute menuju ke lokasi bisa melalui Imogiri karena pantai ini berada di Gunungkidul bagian barat. Dari kota Yogyakarta ambil rute menuju jalan Imogiri Timur selanjutnya menggunakan jalan menuju Panggang Gunungkidul. Tiba di pertigaan jalan pusat Panggang, ambil arah kiri dan tiba di perempatan Jalur Lintas Selatan Pulau Jawa. Nah menuju ke Pantai Ngunggah ambil jalur ke arah barat menuju ke SD Pejaten.

Setelah menemukan SD Pejaten selanjutnya ikuti jalur jalan cor semen yang berada di samping SD Pejaten. Kondisi cor sudah baik dan utuh hingga ke ujung dusun Pejaten. Jalur cor semen terakhir berubah menjadi jalan tanah berbatu yang telah dipadatkan. Nah ini dia tantangan berikutnya, kalian harus berhati-hati menjelajah jalur ini karena kondisinya cukup licin da nada beberapa turunan jalan, beberapa menit berselang, tibalah ke area parkir pantai Ngunggah yang telah ditandai dengan gubug kecil.

Letak gubug parkir di Pantai Ngunggah Gunungkidul ini berada di atas tebing bukit laut. So, dari tempat parkir kalian bisa menikmati pemandangan laut tak terhalang suatu apapun. Di gubung kecil ini, bisa kamu gunakan sejenak untuk melepas lelah setelah dari perjalanan panjang. Bahkan rimbunan pohonpun tidak menjadi halangan memandang lepas pantai.

Menikmati pantai Ngunggah Gunungkidul memang kurang lengkap jika sekedar menatapnya dari ketinggian.

Harus mendekat ombak! Menuju dekat ke dasar pantai kalian bisa menggunakan jalur di jalan setapak dekat gubug. Nah memang harus berani banget nih menyusuri pantai ini karena cukup seram dengan himpitan jurang. Namun setelah melewati perjalanan terlihat celah tebing yang awalnya terhalag oleh pepohonan. Jika kalian berhasil melewati celah diantara dua tebing yang cukup tinggi, tibalah kalian di bagian dasar Pantai Ngunggah.

Pantai yang benar-benar bersih dengan bibiir pantai yang landai kecil, nyaris tidak ditemukan sampah berserakan. Bongkahan bebatuan memang Nampak berserakan di bawah tebing pantai. Ketika ombak pasang, gelombang laut bisa membasahi ujung tepi pantai berpasir putih. Namun, ketika ombak susut terhampar dasar karang yang sangat panjang ke tengah lautan sejauh sekitar 100 meter.

Aktivitas yang bisa kalian nikamti di pantai ini adalah beberapa warga yang sedang memancing, memasang perangkap dengan jarring, dan juga mencari rumput laut utnuk dijual ataupun untuk dikonsumsi.

Satu dari pantai tersembunyi yang ada di Gunungkidul telah bersiap menyambutmu. Lalu dimana lagi apntai indah dan tersembunyi lain di Gunungkidul? Booleh kalian mengunjungi antai Bekah, Pantai Wohkudu, Pantai Muncar, dan pantai-panta lain yang masih banyak lagi.

Jangan lupa sertakan foto di setiap destinasi yang kalian kunjungi dan bantu promosian wisata Indonesia di kancah dunia! Salam Dolaners. Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

Immanuel

About Immanuel

08112635846