GUNUNG LANANG: INDAH DAN MITOS TENTANG KI LANANG DAN NYI RANTAMSARI

PUNCAK GUNUNG LANANG: INDAH DAN MITOS TENTANG KI LANANG DAN NYI RANTAMSARI

www.tuguwisata.com – Yogyakarta dinilai menjadi satu dari banyaknya wilayah di Indoesia yang memiliki keindahan alam beragam. Kawasannya tereksplorasi dengan baik dan membuat destinasi wisata di kota Gudeg ini semakin dilirik untuk dikunjungi. Tidak hanya wisatawan lokal pastinya namun juga tidak sedikit wisatawan mancanegara yang memburu wisata di Yogyakarta.┬áSekian banyak wisata alam adalah satu wisata alam yang bisa dikunjungi yaitu Puncak Gunung Lanang. Puncak Gunung Lanang merupakan salah satu puncak di pegunungan Menoreh yang telah resmi dibukan pada bulan Mei 2015. Meski namanya gunung Lanang namun gunung yang dimaksud adalah salah satu puncak dari gugusan perbukitan Menoreh.

Gunung Lanang Kulon Progo

Instagram: @ery_nofita_susanti

Gunung Lanang ini hanya bukit yang menjulang tinggi dan tidak menyimpan magma di dalamnya. Di Kulon Progo sendiri ada dua gunung sama yang dimaksud yakni Gunung Lanang yang berada di perbukitan Menoreh dan juga Gunung Lanang yang berada dekat dengan Pantai Glagah yang disebut juga sebagai Astana Lingga.

Gunung Lanang Kulon Progo

Instagram: @danarsibolang

Lokasi dan Akses

Gunung yang satu ini berada di desa Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, DI Yogyakarta. untuk menuju ke gunung ini bisa menggunakan jalur ke arah Goa Kiskendo. Jalanan menuju ke lokasi yang menanjak akan lebih memungkinkan bagi pengendara roda dua karena cukup ekstrim jika dilalui mobil.

Rute menuju ke lokasi ini bisa dari kota Jogja menuju ke Jalan Godean. Ikuti sepanjang Jalan Godean perempatan Nanggulan masih lurus kemudian Pasar kenteng, kecamatan Girimulyo, jalan menuju ke Goa Kiskendo lanjut ke Gunung Lanang.

Gunung Lanang Kulon Progo

Instagram: @danithetong

Mitos di Gunung Lanang

Selanjutnya seperti yang diketahui bahwa tidak sedikit lokasi maupun tempat wisata yang dikait-kaitkan dengan adanya mitos. Termasuk gunung ini, mitos yang beredar adalah Gunung Lanang merupakan tempat bersemedi dari seorang Kyai Lanang dan Nyi Rantam Sari.

Di Gunung ini juga terdapat goa yang digunakan untuk bertapa dan masih digunakan hingga saat ini oleh penduduk setempat guna mencari wangsit. Tempat persemedian Kyai Lanang ini dekat dengan Puncak Lanang sementara lokasi semedi Nyi Rantam Sari berada di bawahnya. Konon, jika ada seorang yang bersemedi membawa Gula Jawa dan jika gula tersebut menyala terbakar maka merupakan suatu pertanda bahwa orang tersebut berhasil memperoleh kesaktian.

Asyik Juga untuk Sunset dan Sunrise

Entah bagaiamanapun mitosnya nyatanya puncak Gunung Lanang ini cukup menarik dan bisa menjadi wisata alternative selain Kalibiru. Selain itu berada di puncak Gunung Lawang adalah hal menarik untuk bisa menikmati matahari tenggelam alias sunset. Jadi kapan eksplor Jogja bersama kami? ­čÖé

Ohya kami juga menyediakan jasa rental mobil di Jogja murah lho, kali aja agan ingin traveling di Jogja dan membutuhkan armada untuk jalan-jalan ramai-ramai. hehehe. Selain itu, kami  juga menyediakan paket tour Jogja murah yang bisa dimanfaatkan. Liburan di Jogja ngga ribet tapi berkesan! Happy Traveling.

Immanuel

About Immanuel

08112635846