curug glimpang tugu wisata

4 Air Terjun Di Satu Lokasi: Curug Glimpang, Kedung Ratmi, Kedung Bendo, Curug Gandu. Jadi Pilih Yang Mana?

www.tuguwisata.com – Jogja adalah kawasan wisata yang elok karena banyak sekali bertebaran potensi wisata yang sangat diunggulkan. Seperti di Kulon Progo misalnya. Wilayah yang berada di pegunungan Menoreh ini memiliki banyak spot wisata alam yang luar biasa indah. Tidak sekedar Kalibiru atau juga Waduk Sermo gaes. Di pegunungan Menoreh ini juga ada banyak air terjun yang eksotis lho ya. Kepikiran Air Terjun Kedung Pedut, Air Terjun Kembang Soka? Tidak hanya itu gaes. Di Kulon Progo ini ada banyak sekali wisata air terjun yang tidak kalah eksotis apalagi kalau ada empat destinasi di satu lokasi. Adalah Curug Glimpang sekaligus Kedung Ratmi, Kedung Bendo, dan Curug Gandu.

curug glimpang tugu wisata

Instagram: @infojogja.co

Lokasi keempat destinasi ini berada di Prangkokan, Purwosari, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta. Keempat destinasi curug ini adalah wisata andalan yang berada di desa Prangkokan gaes. Keempatnya masih terus dilakukan banyak pengembangan dan fasilitas yang diberikan guna mendukung keindahan lokasi dan menunjang kenyamanan pengunjung.

Nyatanya semakin bertambah tahun kawasan ini semakin ramai dikunjungi. Girimulyo, yang merupakan kawsan dengan banyak spot ini cukup padat dikunjungi warga dan wisatawan. Kawasan ini berada ddekat dnegan Goa Kiskendo gaes. Jadi aksesnya dari Kenteng lurus naik hingga Pasar Jonggrangan yang mana bisa lirik ada Curug Setawing, ambil kanan ikuti kea rah Goa Kidang Kencana sampai SD Tegalsari selanjutnya ambil ke kanan dan temukan PAUD di dusun Prangkokan, Purwosari.

curug glimpang tugu wisata

Instagram: @fajarsigits

Jika ingin ke lokasi kalian bisa memarkir kendaraan di PAUD, selanjutnya ambil jalur tracking dengan melewati jalan setapak yang dibuat warga. Sesampainya di pintu masuk kalian bisa mengikuti arah menuju ke curug pertama yakni Curug Glimpang.

Curug Glimpang sendiri terbilang unik.

Kata Glimpang atinya tumpah karena miring. Mungkin nama ini diberikan karena curug ini tidak berada di tebing yang lurus seperti curug pada umumnya. Untuk berkunjung ke lokasi juga tidak begitu sulit aksesnya karena sudah banyak pengeloaan dari warga setempat seperti anak tangga.

Setelah dari Curug Glimpang ini jangan langsung ‘mlipir’ pulang ya gaes. Masih ada tiga spot lagi yang bisa kamu nikmati selanjutnya. Lokasinya berada di bawah curug Glimpang ini. Kalau kamu kesulitan kamu bisa mengajak warga setempat untuk memandu perjalanan.

cuurg glimpang tugu wisata

Instagram: @kiswantaranugraha

Untuk menuju ke spot berikutnya kamu bisa melalui jalur trecking berikutnya yang sduah dibuat warga yaitu ke Kedung Ratmi. Dari curug Glimpang bisa ditempuh sekitar 10 menit menuju ke lokasi. Gorojogan di kedung Ratmi ini tidak begitu tinggi. Namun alirannya cukup deras. Kedung atau kolam alami ini cukup luas dan dalam. Asyik banget kalau dibuat berenang gaes. karena masih asri, lokasi Kedung Ratmi ini sangat sejuk dan betah beralama-lama.

Bagaimana Dengan Kedung Bendo?

Selanjutnya ke spot ketiga yakni Kedung Bendo. DI Kedung Bendo ini berada dtepat dari Kedung Ratmi. Meski di bawah Kedung Ratmi kalian harus melalui jalur darat dan menyibak semak dan pepohonan utuk ke lokasi. Tidak jauh kok hanya lima menit saja.

Kedung Bendo ini adalah serangkaian curug di Prangkokan yang cukup tinggi dan deras serta kedungnya cukup besar. Kedung Bendo ini juga tidak kalah menarik dari kedung Ratmi yang berada di sebelumnya. Kalian yang ingin menyusur ke lokasi harus tetap berhati-hati ya gaes karena licin. Setelah puas ke curug Kedung Bendo, sekalian deh kalian susur curug keempat yakni Curug Gandu. Tracking menuju ke lokasi curug Bendo ini berbeda dengan tracking sebelumnya karena lebih datar. Namun selama perjalanan kalian juga akan mendengar banyak grojogan yang mengiringi perjalanan kalian.

Curug Gandu ini memiliki aliran yang cukup deras. Setelah dari kedung Bendo ada sekitar 15 menit di Curug Gandu. Curug yang terakhir ini juga tidak kalah menarik gaes. kamu bisa bermain air layaknya curug lain yang ada di atasnya. Seru banget deh ya 4 curug sekaligus di satu aliran. Pesona Indonesia Mana Lagi yang Kau Dustakan? 🙂 Happy Traveling.

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

Immanuel

About Immanuel

08112635846