candi lumbung tugu wisata

Singgahi Candi Lumbung Jika Menilik Kompleks Prambanan

www.tuguwisata.com – Deretan candi-candi yang tersebar di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya merupakan bentuk dari adanya bukti keagamaan yang kental pada masa pemerintahan kerajaan Mataram Kuno. Baik candi Hindu maupun Buddha keduanya saling berdampingan. Hal ini menandakkan bahwa kehidupan masyarakat pada zaman dahulu terlihat damai meski beda kepercayaan. Prambanan yang berdiri tegak sebagai candi Hindu dan Borobudur sebagai candi Buddha, keduanya menjadi salah satu destinasi yang sangat diminati bagi wisatawan yang ingin berwisata sejarah. Selain adanya candi yang besar tersebut, adalah candi alin yang turut melengkapi kemegahan situs percandian yang ada di Yogyakarta. Salah satunya adalah candi Lumbung.

candi lumbung tugu wisata

Instagram: thoegoezt

Candi Lumbung merupakan candi yang keberadaaannya satu kompleks dengan candi Prambanan. Ia berdiri di di Dukuh Tlogo, Desa Tlogo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Penyebutan istilah Lumbung ini adalah karena bentuk candi yang menyerupai lumbung padi. Meski satu kompleks dengan taman wisata candi Prambanan, candi Lumbung ini bukan termasuk ke dalam kategori candi Hindu melainkan candi Buddha. Untuk menilik bahwa candi ini adalah candi Buddha adalah ada pada stupa yang berada di atap candi dengan atap bentuk kubus dan dikelilingi oleh stupa-stupa kecil.

Lokasi candi Lumbung ini berada di sebelah candi Bubrah. Jarak dari Candi Prambanan sekitar 500 meter ke utara. Tepatnya berada di sebelah candi Bubrah.

candi lumbung tugu wisata

Instagram: @monasteriose29

Candi Lumbung ini diduga dibangun pada abad ke-9 pada masa pemerintahan Kerajaan Mataram Kuno. Candi ini merupakan candi yang memiliki sebuah candi induk dan dikelilingi oleh candi-candi kecil atau candi Perwara berjumlah 16 dan dalam kondisi yang relative baik.

Akses dan Fasilitas

Akses menuju ke lokasi memang melalui candi Prambanan langsung yakni melalui pintu administrasi Prambanan. Jarak dari pintu masuk taman wisata Candi Prambanan ke Candi Lumbung ni cukup jauh. Oleh karena itu jika Anda berminat bisa menggunakan kereta wisata (berbayar).

candi lumbung tugu wisata

Instagram: @abcdezebra

Fasilitas di candi Lumbung sudah termasuk lengkap. Selain adanya taman yang menyejukkan, adapula Mushola, kamar mandi, dan juga tempat makan yang bisa Anda manfaatkan ketika lapar memanggil. Untuk harga tiket masuk ke candi Lumbung ini adalah Rp. 30.000 per orang dengan usia di atas 6 tahun. Untuk rombongan pelajar.mahasiswa dan dibawah usia 6 tahun hanya dikenakan Rp. 12.500 saja.

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

 

Immanuel

About Immanuel

× 08112635846