air terjun randusari tugu wisata

Air Terjun Randusari Ini Super Eksotis. Kalau Kamu Anak Petualang Kamu Bisa Kesini Deh Cobain

www.tuguwisata.com – Mencari-cari air terjun yang bisa dijadikan spot berwisata dan pelepas penat? Adalah Air Terjun Randusari yang merupakan satu dari gugusan air terjun atau curug yang ada di Jogja kususnya Bantul. Air terjun ini berada di kawasn Dlingo, Bantul. Mungkin air terjun ini tidak sebegitu terkenal dari curug Banyunibo dan air terjun Grojogan Lepo. Air terjun ini juga dikenal dengan air terjun Ngreboh, lokasi tepatnya berada id dusun Rejosari, desa Jatimulyo, kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul, DI. Yogyakarta.

Di perbukitan kapur Dlingo tepatnya di dekat dengan perbatasan Gunungkidul, candi cantik ini turun dengan derasnya

Rute mudahnya dari Yogyakarta bisa menuju ke Jalan Wonosari kemudian dari perempatan Patuk ambil kanan menuju ke Watu Amben. Selanjutnya ambil jalan menuju ke desa Jatimulyo dan papan petunjuk menuju ke lokasi. Untuk menuju ke lokasi bisa menggunakan kendaraan roda dua tau juga roda empat. Namun sebaiknya roda dua saja karena akses jalan sempit dan sebagiannya belum dibangun.

grojogan lepo bantul

Instagram: @gunawanjir

Ada papan petunjuk menuju ke air terjun Randusari dari gang memasuki desa jadi tidaklah begitu sulit untuk menemukan lokasi air terjun. Perjalanan kemudian setelah dari temapt parkir adalah tracking menyusur parit dari ladang penduduk. posisi air terjun ini berada di bawah bukit kawasan pemukiman penduduk. jalan cukup licin, oleh karena itu harus tetap berhati-hati. Setelah menuruni bukit dan menjumpai gazebo tengoklah kanan, air terjun sudah memanggil.

Mulanya air terjun ini dikatakan Randuasari karena ada banyak pohon Randu yang tumbuh di tepi jurang

Air terjun ini merupakan air terjun tunggal dengan ketinggin sekitar 15 meter da tipe jatuhannya melebar. Disebut juga sebagai air terjun kembar karena air terjun ini membentuk dua jatuhan yang disekat oleh batu. Di dindingnya terdapat guratan endapan kapur yang terangkut dari aliran sungai sebelah atas. Aliran air terjun ini bermuara ke sungai Oyo yang lokasinya tidak begitu jauh dari air terjun.

Di bawah air terjun Randusari ada sebuah kolam pemandian hasil membendung aliran air dengan tanggul susunan batu. Pembangunan tanggul dilakukan masyarakat saat memebersihkan area air terjun dan membangun fasilitas wisata. Kolam yang dibuat memiliki kedalaman sekitar 1 hingga 3 meter dan pastinya asyik sekali untuk berenang.

Pengelola juga menyediakan ban karet untuk anak-anak dan dewasa guna mendukung peralatan berenang pengunjung. Di kawasan ini juga terdapat dua gazebo dan dua uah kamar mandi umum. Selain itu ada beberapa penjual makanan yang berjualan namun lokasi tidak begitu dekat dengan air terjun tetapi justru lebih dekat dengan parkir.

air terjun randusari tugu wisata

Instagram: @richoriawan

Air terjun ini menjadi kawasan wisata menarik yang dijadikan potensi wisata bagi para pendekar. Suasana kawasan masih sepi. Ke depannya, air terjun ini pasti akan menjadi air terjun yang menarik untuk dikunjunggi sebagai alternative berwisata di kota Yogyakarta. pilihan selain pantai atau bukit-bukit bisa nih gaes ke air terjun Randusari ini.

Air terjun ini bukan termasuk air terjun musiman jadi bisa dikunjungi kapan saja ya gaes!

Semoga beruntung sewaktu musim hujan karena air cukup deras dan debet airnya banyal. Jangan lupa share ke khalayak bahwa Indonesia memiliki temapt wisata yang indah dan masih sepi, cocok sekali buat kalian yang suka berwisata di tengah kesepian. Happy Traveling gaes!

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Sewa mobil di Jogja di Tugu Wisata mulai dari sewa Avanza Jogja hingga sewa Alphard Jogja. Selamat berlibur. 🙂

Immanuel

About Immanuel

× 08112635846