Trik Jitu Pemasaran Online Bagi Travel Agent - Tugu Wisata

Trik Jitu Pemasaran Online Bagi Travel Agent

Cara Pemasaran Online yang Efektif untuk Usaha Travel

Bisnis travel agent saat ini masih banyak dijadikan pilihan. Jenis bisnis ini memang masih memiliki prospek konsumen yang bagus meskipun memang ada tantangan berat akibat pandemi. Agar tetap bisa bertahan di bisnis ini, maka penting sekali untuk menerapkan trik pemasaran yang efektif. Kali ini akan dibahas beberapa trik jitu pemasaran online termasuk cara memulai blog untuk kepentingan marketing bisnis travel agent.

Trik Pemasaran

Ada beberapa strategi pemasaran yang bisa dilakukan agar bisnis travel agent mendapat banyak klien. Tentunya penerapan strategi ini harus dilakukan berdasarkan target konsumen yang sudah diketahui sebelumnya. Berikut ini adalah beberapa trik pemasaran yang bisa diterapkan:

  • Manfaatkan FOMO

Demi mendapatkan atensi yang kuat dari masyarakat, cobalah memanfaatkan strategi FOMO. FOMO merupakan kependekan dari Fear of Missing Out. FOMO ini menjadi sebuah kondisi psikologis yang sering terjadi di masyarakat. Konsumen seringkali memiliki rasa takut ketinggalan zaman dan tren. Fenomena ini justru bisa dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk mendapat keuntungan yang lebih banyak.

Misalnya, Anda bisa memberi penawaran paket liburan dengan menampilkan informasi promo yang sudah lewat. Tunjukkan kepada calon konsumen bahwa mereka telah melewatkan program promosi paket liburan yang sangat menguntungkan. Setelah itu berikan alternatif untuk membeli paket liburan lainnya.

  • Tawarkan Destinasi yang Viral

Langkah berikutnya yang bisa dilakukan adalah menawarkan destinasi wisata yang sedang viral. Masih menggunakan acuan FOMO tadi, sebenarnya masyarakat cenderung ingin selalu mengikuti tren. Jika ada destinasi wisata yang sedang viral maka secara otomatis penawaran wisata ke tempat tersebut akan sangat diminati.

Cari tahu di media sosial, destinasi wisata mana yang sedang banyak diperbicarakan. Tawarkan paket wisata menuju tempat tersebut. Namun, karena situasi pandemi yang terjadi saat ini Anda harus lebih selektif memilih destinasi untuk ditawarkan. Pastikan juga bahwa destinasi tersebut memang bisa dikunjungi dengan protokol atau ketentuan yang sudah dibuat oleh pemerintah.

  • Promosikan Keamanan Traveling

Zaman sekarang ini ketika pandemi melanda, travel agent yang diminati adalah mereka yang menawarkan keamanan sekaligus kenyamanan traveling. Coba promosikan keamanan tersebut dengan menunjukkan protokol kesehatan yang harus diikuti. Tunjukkan pula bahwa travel agent bekerja sesuai dengan aturan pemerintah mengenai aktivitas pariwisata atau traveling selama pandemi berlangsung.

Jika memang destinasi wisata belum dibuka secara umum, maka agen travel bisa menawarkan paket liburan untuk waktu yang akan datang. Intinya, tunjukkan bahwa agen tersebut memang patuh terhadap peraturan selama pandemi. Langkah ini akan membuat travel agent bisa lebih diminati oleh masyarakat karena mengutamakan keamanan.

  • Gunakan Media Blog

Strategi marketing untuk travel agent bisa dilakukan melalui blog. Saat ini travel blogging masih bisa dijadikan andalan karena masih banyak orang mencari referensi wisata atau traveling melalui blog. Anda bisa belajar cara memulai blog dari nol dan bangun konten traveling yang bisa mempromosikan agen Anda lebih luas lagi.

Promosi melalui blog juga harus dilakukan dengan strategi atau trik yang tepat. Konten yang diunggah dalam blog tersebut harus tepat sasaran. Informasi yang disajikan juga harus jelas dan tidak berupa spam. Selain itu, sediakan link untuk melakukan pemesanan paket traveling yang ditawarkan.

  • Tunjukkan Testimoni

Dalam setiap jenis penawaran, sangatlah penting untuk menunjukkan testimoni dari klien-klien sebelumnya. Begitu juga dengan penawaran paket traveling Anda. Coba tampilkan seperti apa testimoni dari klien sebelumnya. Biasanya, masyarakat akan mencari tahu review atau ulasan dari klien sebelumnya agar bisa yakin membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Itulah mengapa sangat penting untuk melayani setiap klien dengan sebaik mungkin. Setiap klien harus mendapatkan pengalaman yang bagus dalam setiap pelayanan yang Anda berikan. Dengan begitu Anda bisa menerima ulasan positif yang tentunya akan menguntungkan diri Anda sendiri.

Membuat Blog Promosi

Dari beberapa strategi pemasaran online tadi, pemasaran menggunakan blog menjadi pilihan yang sangat tepat. Kali ini akan dibahas lebih detail seperti apa langkah berpromosi dengan memakai blog bisnis. Berikut adalah beberapa cara membuat blog bisnis untuk promosi travel agent Anda:

  1. Gunakan Platform yang Tepat

Ada beberapa jenis platform yang bisa digunakan untuk membuat blog bisnis Anda. Salah satu platform yang sangat direkomendasikan adalah WordPress. Ada banyak pelaku bisnis yang menggunakan WordPress sebagai platform untuk promosi bisnis secara efektif. Tentunya pemilihan platform ini harus dilakukan dengan teliti sehingga bisa membuat blog berjalan lancar dan mendatangkan keuntungan.

  • Gunakan Web Hosting dan Domain Pribadi

Demi membuat blog Anda lebih personal, maka gunakanlah web hosting serta domain sendiri. Cara ini akan meningkatkan kredibilitas bisnis yang Anda jalankan. Pilihlah layanan web hosting terpercaya yang bisa membuat blog Anda berjalan stabil. Selain itu, domain yang dipilih juga harus bisa menjadi identitas bagi bisnis Anda sehingga membuat calon konsumen semakin percaya.

  • Gunakan Desain yang Menarik

Blog bisnis yang Anda buat juga harus menggunakan desain yang menarik. Upayakan desain blog dibuat sebaik mungkin sehingga akan menarik perhatian dalam sekali lihat. Konsumen akan cenderung tertarik pada penawaran sebuah produk jika penawarannya dilakukan lewat blog yang menarik dari segi visual.

Itulah mengapa sangat penting memilih desain blog yang bisa menarik perhatian konsumen. Sebaiknya blog juga dibuat dengan desain yang simpel sehingga mempermudah calon klien untuk mengakses informasi maupun melakukan pemesanan. Anda bisa mencari referensi dari berbagai jenis blog untuk menemukan ide desain yang sekiranya efektif dan bisa menarik perhatian.

  • Susun Rencana Konten

Percuma jika memiliki blog dengan desain yang bagus tapi ternyata rencana kontennya tidak cukup baik. Blog bisnis Anda harus memiliki konten yang berkualitas sehingga popularitas dan reputasinya bisa meningkat tajam. Cobalah untuk menyusun rencana konten yang bagus sehingga bisa menarik perhatian calon konsumen.

Pembuatan konten untuk blog promosi bisnis agen travel tentu harus sangat menarik. Angkat cerita dari berbagai destinasi wisata dan tunjukkan beragam kelebihan dari tempat tersebut. Pemakaian gambar dan video juga sangat mendukung pembuatan konten blog promosi Anda. Masyarakat tentu akan merasa lebih terpanggil jika ada video atau gambar yang memperlihatkan keindahan sebuah destinasi wisata.

  • Cobalah untuk Responsif

Buatlah sebuah blog promosi yang responsif. Tentunya blog yang responsif akan membuat Anda jadi lebih dekat dengan konsumen. Anda bisa membuat tim untuk meningkatkan pelayanan responsif terhadap para klien. Usahakan untuk membalas setiap komentar atau pesan yang ditinggalkan pengunjung. Gunakan juga layanan konsumen yang responnya cepat agar bisnis agen travel Anda diminati banyak orang.

Itulah tadi pembahasan singkat mengenai strategi promosi online beserta cara membuat blog untuk sebuah bisnis travel agent. Tentunya bisnis ini masih tetap bisa bertahan di tengah pandemi jika cara marketingnya tepat. Tawarkan juga paket promo serta pemesanan paket traveling terjadwal sehingga akan membuat klien tetap tertarik melakukan pembelian.