DESA WISATA TEMBI: PESONA PEDESAAN DAN BUDAYA DI BANTUL

DESA WISATA TEMBI: PESONA PEDESAAN DAN BUDAYA DI BANTUL

www.tuguwisata.com – Lepas dari semua wisata alam yang baru maupun kuliner yang bikin kangen, beranjaklah ke sebuah desa wisata yang menaungi wisata alam yakni Desa Wisata Tembi. Desa wisata Tembi ini berada di Kelurahan Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Tembi merupakan sebuah dusun yang akhirnya melekatkan namanya di sebuah desa wisata bernama “Desa Wisata Tembi”.

Bantul memang menjadi salah satu tujuan wisata favorit di berbagai kalangan dan usia. Kabupaten yang berada di selatan kota Jogja ini menyimpan banyak destinasi baik dari wisata alam, wisata belanja, wisata kuliner hingga wisata budaya.

Kabupaten ini memang menjadi salah satu kabupaten yang kental akan budayanya. Dari tahun ke tahun Bantul memberikan wisata baru yang bisa dikunjungi, lepas dari itu ada budaya yang kental dan kerap dipertahankan untuk menjadi ciri khas. Sehingga tidak heran jika wisatawan yang datang berkunjung ke kabupaten ini tidak hanya dari dalam Jogja saja melainkan juga dari mancanegara. Kunjungannya beragam termasuk ke desa wisata Tembi ini.

desa wisata tembi

Instagram: @desawisatatembi

Keistimewaan Dewi Tembi

Menjadi barisan desa wisata yang menarik, apa saja yang ditawarkan di Desa Wisata Tembi ini? Adalah homestay yang menjadi paling terkenal! Perlu diketahui, Homestay di Desa Wisata tembi ini mendaptkan prestasi sebagai Desa Wisata Terbaik ASEAN di tahun 2016.

Sebuah prestasi yang membanggakan karena memang Homestay di desa ini menarik. Rancangannya unik, memiliki perpaduan antara khas Jogja dan Klasik. Dari bangunannya sendiri, Homestay dibuat rumah Joglo yang merupakan rumah adat Jawa untuk Jawa Tengah dan DI. Yogyakarta. Sementara itu, interiornya memilih barang-barang Klasik yang sanagt elegan dan berpadu manis dengan arsitektur dan desain dari homestay tersebut.

desa wisata tembi

Instagram: @desawisatatembi

Desa wisata Tembi ini juga mempunyai julukan sebagai Rumah Budaya. Di desa wisata ini telah banyak dilakukan beragam kegiatan yang tidak lepas dari kebudayaan seperti halnya dari seni kerajinan yakni membatik, melukis, membuat keramik, juga membuat kegiatan kuliner dengan khas Tempe Kedelai.

Paket wisata menarik juga ditawarkan dari paket wisata Outbond, budaya, kesenian, kuliner, dan paket lainnya. Untuk harga Homestay di desa wisata ini berkisar antara Rp. 300.000 hingga Rp. 400.000 per malam. Adapun fasilitasnya sudah termasuk lengkap dari kamar mandi, ruang tamu, AC, water heater, breakfast, dan juga TV LED.

Sepenggal Kisah

Adapun kisah dari adanya desa wisata ini dari seorang pemilik Homestay yang berada di Dusun Tembi yakni seorang laki-laki dari negara Australia, Warwick Pusen Larsen tahun 1994, sangat kagum akan pesona alam pedesaan di Bantul ini. dari kekagumannya inilah akhirnya Menteri Kbudyaan Indonesia yang menjabat saat itu turut tertarik dan meresmikan desa Tembi sebagai salah satu tujuan wisata.

desa wisata tembi

Instagram: @desawisatatembi

Selain sebagai kunjungan, di desa ini kerap sekali beredar foto-foto rumah Joglo yang mana digunakan sebagai background Photoshoot ataupun Photo Pre Wedding. Anda tertarik berfoto di Rumah Budaya Tembi ini?

Kami menyediakan paket wisata Jogja yang bisa Anda manfaatkan termasuk berkunjung ke Dewi Tembi ini lho. Selain itu, kami juga menyediakan paket tour Jogja yang menyenangkan, rental mobil di Jogja mulai dari rental mobil Avanza hingga rental mobil Alphard. Hubungi kami untuk tahu lebih lanjutnya. Selamat berkunjung 🙂

 

Immanuel

About Immanuel

08112635846