Pantai Paling Eksotis di Jogja

31 Pantai Paling Eksotis di Jogja TUGUWISATA.COM – Tahukah Anda selain wisata sejarah dan budaya, Yogyakarta memiliki 31 pantai paling eksotis di jogja yang bakal membuat liburanmu menjadi sangat istimewa. Pantai-pantai itu bertebaran sepanjang Bantul hingga Gunungkidul, dari mulai pantai berpasir putih hingga pemandangan tebing karang memesona mata. Apa saja pantai-pantai itu, inilah daftarnya:

1. Pantai Nglambor, Gunungkidul

Pantai Nglambor Gunungkidul ~ Pantai Paling Eksotis di Jogja

Instagram @jogja.istimewa

Inilah pantai dengan sejuta keindahan. Kamu bisa langsung bertegur sapa dengan ikan warna-warni di pantai ini. Ya, di salahsatu pantai paling eksotis di Jogja ini kamu bisa snorkling dengan menyewa alatnya di sana. Terletak di Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta, kamu bakal mendapatkan panorama pantai super keren karena pantai ini memiliki tebing-tebing karang nan indah. Uniknya Nglambor juga memiliki kolam air tawar karena ada mata air dari celah bebataun di pinggir pantainya. Kamu bisa menuju tempat ini melalui Jalan Wonosari, Bukit Patuk, Kota Wonosari ke arah Pantai Siung, TPR Pantai Siung, sekitar dua kilometer dari TPR berbelok kanan dan kamu bakal menemukan petunjuk sampai ke pantai ini.

Lihat juga: Tempat Wisata Keluarga Paling Mengesankan di Jogja

Meski indah tapi pantai ini tak akan memasang tiket mahal. Kamu hanya perlu mengeluarkan Rp. 5.000, untuk biaya retribusi dan biaa parkir Rp. 2.000 untuk motor. Untuk harga tiket parkir Rp. 5000.

2. Pantai Kesirat

Pantai Paling Eksotis di Jogja ~ Pantai Kesirat

Instagram @ayodolan

Bak surga tersembunyi, ini adalah salahsatu pantai paling eksotis di Jogja dengan pemandangan menakjubkan. Tidak ada pasir putih di sini. Kamu juga tak bisa menyentuh buih-buih ombak karena pantai ini dikepung Peninsula alias tebing tegak nan tinggi. Tapi kamu bisa menikmati suara deburan ombak dan memandang laut lepas Samudera Hindia di depan mata. Ini adalah surga pemancing di  Gunungkidul. Tapi ingat, Kesirat adalah pantai yang disakralkan warga setempat, jadi jangan membuang sampah sembarangan, jangan memotong dahan pohon dan berbagai sikap buruk lainnya.

Untuk bisa sampai ke sana kamu bisa melalui jalan Imogiri Barat – Jalan Siluk – ada pohon beringin besar belok kanan menuju Pantai Gesing – Pasar Pendem belok kanan – pertigaan ambil kanan 200-anmeter lalu ambil kiri. Selamat datang di Pantai Kesirat. Kau hanya harus membayar Rp. 5.000 saja untuk masuk ke sini dan parkir motor Rp. 2.000 dan parkir mobil Rp. 5.000.

3. Pantai Jogan

Pantai Jogan ~ Pantai Paling Eksotis di Jogja

Instagram @ayodolan

Air terjun tepat dibibir pantai, itulah kemolekan utama pantai ini. Meski hanya deras pada musim penghujan tapi kamu tetap bisa menikmati percikannya meski kemarau tiba. Di bawahnya ombak bergulung-gulung dengan suara khasnya. Deburan ombak dan terjunan air di salahsatu pantai paling eksotis di Jogja ini berpadu menjadi irama alami berpadu dengan tebing karang dan menjelma menjadi surga kecil bagi para pecinta keindahan alam.

Tempat indah ini berada di sebelah barat Pantai Siung dan kamu hanya perlu merogoh kocek Rp. 5.000 saja untuk masuk ke sana.

4. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan ~ Pantai Paling Eksotis di Jogja

Instagram @pantaisadranan

Berada di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Tepus, Gunungkidul, inilah salah satu pantai paling eksotis di Jogja dan favorit wisatawan dari berbagai daerah. Disebut Sadranan karena pantai ini tempat upacara adat tahunan Nyadran. Pasir putih yang menghampar bakal menjai pemandangan indah di sana. Tak hanya itu, kamu juga bisa snorkling emnikmati bebatuan karang dengan ikan warna-warni di dalamnya. Terumbu karang di pantai eksotis ini bakal membiusmu saking indahnya. Tapi jangan menginjaknya ya.

5. Pantai Drini

Pasir putih bakal menyambutmu begitu tiba di sana. Sebuah pulau karang dengan tetumbuhan lebat di atasnya berada tepat di depan hamparan pantai indah ini. Uniknya, kamu bisa menikimati hangatnya air laut dengan mandi-mandi di sana. Tak perlu kawatir ombak karena pulau ini melindungi salahsatu pantai paling eksotis di Jogja ini dan menciptakan kolam raksasa di belakangnya. Di kolam itulah setiap orang bisa merasakan belaian air laut tanpa kawatir tenggelam karena tak cukup dalam di sana. Berderet-deret gubuk cantik tempat menikmati aneka makanan dan minuman ada di pinggiran pantai ini. Si cantik ini memasang harga Rp. 10 ribu bagi wisatawan ingin menikmati indahnya.

6. Pantai Pok Tunggal

Terletak di Tepus, Gunungkidul, Poktunggal adalah pantai yang layak disebut pantai berpotensi luar biasa. Hamparan pasir putih dengan ombak biru dalam sebuah hamparan membentuk cekungan. Ombak biru bisa kamu sentuh dengan leluasa di sini. Kamu juga bakal dimanjakan tebing karang menjulang menunggu para penakluknya. Pantai Poktunggal sangat layak menjadi pantai bertaraf internasional bahkan. Kamu bisa mendatangi pantai ini dengan menempuh jalan yang sama dengan beberapa pantai lain seperti Pantai Siung tadi..

7. Pantai Ngongap

Tebing karang dengan ombak besar yang menghantam keras adalah kekhasan pantai ini dan menjadikannya sebgaai salahsatu pantai paling eksotis di Jogja. Keindahan tebing karang dan ombak pantai ini bahkan sudah terkuak sejak ratusan tahun lalu (1856) seorang penjelajah Jerman lalu ketika seorang Franz Wilhelm Junghuhn sudah mencatatkan pantai ini pada bukunya. Di sini kamu bakal mendapatkan foto-foto yang luar biasa.

Untuk menemukan tempat ini kamu harus melalui Jalan Wonosari menuju Pantai Sadeng, sampai di Pasar Rongkop Girisubo ambil jalan lurus offroad ke Ngongap dan sampailah Anda di sana.

8. Pantai Baru, Bantul

Siapa bilang pantai selalu panas memanggang, buktikan pantai yang satu ini. Namanya Pantai Baru, inilah pantai yang memiliki hutan cemara nan rindang hanya beberapa meter dari lidah air yang membasahi pasirnya. Terletak di salahsatu titik Jalur Lintas Selatan, Pantai Baru menjadi salahsatu pantai paling eksotis di Jogja saat ini. Rindangnya pepohonan dengan hamparan tanah berpasir di pinggirannya membuat pantai ini segera menjadi salahsatu tempat banyak organisasi dan komunitas anak muda berkemah, outbound dan sebagainya. Kamu hanya perlu membayar parkir saja untuk masuk ke tempat ini.

9. Pantai Ngobaran, Gunungkidul

Berpasir putih dengan tebing karang menjulang di sisi kanan kiri membuat pantai ini bak gerbang mistis raksasa. Pantainya berpasir putih dan anggota keluarga Anda bisa bermain-main di pinggir pantai ini. Salahsatu pantai paling eksotis di Jogja ini bukan hanya menyajikan keindahan pantai saja melainkan juga budaya. Inilah pantai yang di pinggirannya terdapat pura dan masjid dalam posisi berhadapan, sangat indah suasananya. Terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, tempat ini hanya beberapa ratus meter saja dari Pantai Ngrenehan.

10. Pantai Glagah, Kulonprogo

Berada daerah Kulonprogo, Glagah adalah salahstau pantai eksotis di Jogja yang wajib kamu kunjungi. Pasirnya hitam dengan ombak yang masih bisa diperlakukan untuk berbasah-basah. Namun meski cukup landai tapi musti hati-hati karena pantai ini langsung berhadapan dengan Samudera Hindia. Asyiknya, di pinggiran pantai ini ada laguna dan kamu bisa berperahu ria di sana. Di dekat pantai ini kamu bisa mendapatkan suasana dermaga yang cukup menarik untuk menjadi obyek foto. Tak sulit menuju Pantai Glagah karena hanya beberapa ratus meter dari jalur selatan selatan Jogja.

11. Pantai Parangtritis, Bantul

Tak sulit memahami kenapa Parantritis disebut salahsatu pantai paling eksotis di Jogja. Pantainya landai sehingga siapapun bisa merasakan ombaknya. Sunset di pantai ini juga begitu indah dan sayang untuk dilewatkan. Di pantai ini pula kamu bisa naik bendi ditarik kuda dan hanya beberapa ratus meter kemudian kamu bisa menikmati wisata gumuk pasir. Kamu bisa bermain ski di bukit-bukit pasir ini. ‘

Jangan salah, Parangtritis juga dianggap tempat yang sakral di Jogja, salahsatu titik dalam poros mistis selain Keraton dan Merapi. Maka jangan kaget jika ada banyak tempat menggelar ritual di sepanjang pantai ini.

Menuju Parangtritis tidaklah sulit karena kamu bisa menempuhnya langsung dari jantung kota Jogja melalui Jalan Parangtritis.

12. Pantai Indrayanti, Gunungkidul

Seperti namanya, pantai ini sungguh cantik. Pasir putih bersih menghampar dibatasi bukit karang di bagian timur menyajikan view nan luas memandang eloknya pemandangan laut. Di pantai yang bersih ini kamu bisa mendapatkan banyak tempat makan dan minuman dingin yang bisa kamu nikmati sambil duduk di gubug bawah atap ilalang di sepanjang pinggirannya. Tak sulit makanya menyebut pantai ini sebagai salahsatu pantai paling eksotik di Jogja.

13. Pantai Krakal, Gunungkidul

Berpasir putih, pantai ini berhiaskan bebatuan karang di pinggirannya. Kamu harus hati-hati menginjak karang di sini karena tajam. Tetapi percayalah, meski berkarang tapi pemandangan pantai ini bakal membuatmu takjub. Airnya biru jernih dengan ikan-ikan kecil menyusupi celah-celahnya. Ombaknya besar dan pada musim tertentu bisa digunakan untuk surfing. Butuh sekitar dua jam ditempuh dari pusat kota Jogja.

14. Pantai Siung, Gunungkidul

Pantai ini kondang karena memiliki tebing-tebing berbatu

Yang sangat menantang bagi para pemanjat tebing. Tak tanggung-tanggung, terdapat 250 jalur panjat tebing di pantai ini. Belum lagi pemandangan pantainya yang berpasir putih dengan bebatuan karang di speanjang pinggirannya. Sudah jelas ini adalah salahsatu pantai paling eksotik di Jogja.

15. Pantai Baron, Gunungkidul

Bearada dekat Pantai Krakal, Baron memiliki pesona tersendiri. Ada laguna air tawar sehingga kami bisa mandi di kolam air tawar itu di pinggiran pantai ini, aneh kan. Kamu juga bisa mendaki tebing di sebelah kirinya dan menikmati pemandangan laut lepas luar biasa. Salahsatu pantai paling eksotis di Jogja ini juga memiliki bangunan mercu suar setinggi 40 meter bercat putih. Tak diragukan lagi, ini adalah tempat berfoto yang luar biasa. Ini adalah salahsatu pantai yang masuk daftar kunjungan Paket Wisata Jogja Sehari yang disuguhkan www. Tuguwisata.com sehingga Anda hanya butuh untuk kontak kami untuk mengunjunginya.

16. Pantai Ngrenehan, Gunungkidul

Terletak di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul pantai ini adalah kampung nelayan. Tapi uniknya, pantai ini tersembunyi di sebuah celah bukit karang membentuk gerbang membentuk teluk kecil yang membuat pantainya mirip kolam renang alami. Anda bisa berenang dengan tenang di sini.

17. Pantai Sadeng, Gunungkidul

Berada di Desa Girisubo, Gunungkidul, ini adalah dermaga bagi nelayan di sana. Air di dermaga pantai ini begitu jernih sehinga kamu bisa melihat bebatuan di dasarnya. Pantai Sadengn adalah salahsatu pantai yang alamnya memiliki proses geologi yang sangat unik yang masih bisa kamu telusuri hingga sampai sekarang karena berada dekat dengan hulu Bengawan Solo yang terkenal itu.

18. Pantai Depok, Bantul

Ini adalah pantai dengan deretan tempat makan ikan laut yang sangat nyaman bagi wisatawan. Makan di sini kamu bisa memilih menumu sendiri bahkan kamu bisa belanja ikan sendiri di TPI yang ada di sana lalu menyerahkannya ke warung makan untuk menjadi sajian makan siangmu. Menunggu beberapa puluh menit maka meja makanmu bakal siap sedia.

19. Pantai Sepanjang, Gunungkidul

Disebut-sebut sebagai pantai yang mirip dengan Kuta Bali. Kamu juga bisa loh berjemur dengan santainya di pantai ini. Pasirnya putih menghampar dengan pemandangan yang jauh lebih asri di sepanjang pingirannya. Ombaknya biru berkilauan dan kamu bisa menikmati cita rasa kuliner lokal di rumah makan di sepanjang pinggirannya. Pantai cantik ini memang sangat layak disebut salahsatu pantai paling eksotik di Jogja.

20. Pantai Wediombo, Gunungkidul

Menyerupai Teluk, pantai ini sangat layak disebut salahsatu pantai paling eksotis di Jogja karena begitu indahnya. Ombaknya menghantam bebatuan karang sepanjang pantai dan kamu bisa menemukan kolam jernih dari celah bebatuan di sana. Meski ombaknya cukup besar tapi kamu bisa mandi di kolam-kolam itu dengan leluasa. Pemandangan sunset jangan tanya, Wediombo adalah pilihan tempat yang sempurna untuk diabadikan.

21. Pantai Sundak, Gunungkidul

Elok memesona pantai ini. Pasir putih menghampar landai sepanjang pantai, dengan ombak yang tidak akan membuatmu basah-kuyup karena tak sampai ke pinggirannya. Kamu bisa duduk sambil menikmati pemandangan biru laut di sana. Pantai ini cocok untuk kunjungan keluarga Anda.

22. Pantai Parangkusumo, Bantul

Berada dekat Parangtritis, pantai ini salahsatu tempat yang diyakini memiliki kaitan yang kuat dengan dunia mistis Yogyakarta. Terdapat tempat untuk menjalankan ritual kepercayaan warga sekitar Jogja di pantai ini.

23. Pantai Samas

Berada di sebelah barat Parangtritis, pantai ini sudah ramai sejak lama. Salahsatu destinasi wisata pantai di Jogja ini menyajikan pantai yang landai dengan banyak warung makan di sepanjang pinggirannya. Kamu bisa menikmati aneka masakan laut di sini. Jarak tempuhnya juga taklama dari kota Jogja, sekitar 30 menit saja.

24.  Pantai Kuwaru, Bantul

Berada di Desa Poncosari, Srandakan, Bantul, pantai ini segera menjadi magnit karena ditumbuhi rerimbunan pohon di sepanjang pinggiran pantai sehingga menjadi tempat yang sejuk meski berada di pantai. Beragam kegiatan komunitas banyak digelar di sini karena relatif dekat dengan kota Yogyakarta dan gampang ditempuh.

25. Pantai Congot 

Sebelah Pantai Glagah, Kulonprogo. Membentang sepanjang 4 kilometer pantai ini memiliki pemandangan luas sepanjang pantai. Pantai ini juga gampang dicapai karena hanya beberapa ratus meter di pinggir jalur lintas selatan-selatan yang kini menjadi salahsatu jalur ramai di Jogja.

26. Pantai Trisik

Salahsatu pantai di Kulonprogo, terletak di Banaran, sekitar 30 kilometer dario kota Yogyakarta. Menjadi salahsatu destinasi yang kian ramai karena gampang ditempuh dan kondisi jalan yang gampang dilewati. Trisik adalah salahsatu wisata idola keluarga bagi warga Yogyakarta.

27. Pantai Kukup 

Terletak di Kemadang, Gunungkidul, pantai ini termasuk daftar atas dalam peta kunjungan wisatawan Jogja karena keindahannya. Kukup memiliki bebeatuan karang di pinggi pantai dengan pemandangan bebatuan karang menakjubkan di kiri kanan pantai.

28. Pantai Watu Kodok

Berada di Gunungkidul, pantai ini masih sangat alami. Keindahannya berpusat pada bebatuan karang raksasa menyembul dari perut bumi dan menjadi pulau-pulau karang

Di sepanjang pantai ini. Pasirnya putih dan kamu bisa menjangkau ombak secara langsung di pantai ini. Pinggirannya dihiasi tebing karang yang memisahkan pantai ini dengan pantai eksotik lainnya. Pantai Sanglen

29. Pantai Sanglen, Gunungkidul

Berada dekat dengan Pantai Watu Kodok, Sanglen jauh lebih alami lagi di banding Watu Kodok.Pohon pandan menghiasi sepanjang pinggiran pantai juga cemara. Belum banyak wisatawan mengunjuungi tempat ini. Sangat direkomendasikan bagi para pecinta pantai sekaing jernihnya air laut di tempat ini. Pantai Timang

30. Pantai Timang, Gunungkidul

Terletak di Pedukuhan Danggolo, Purwodadi, Gunungkidul, pantai berbatu-batu kareng inni termasyhur karena memiliki jembatan udara antara tebing karang di pinggir pantai ke pulau batu karang membuat pantai ini kondang dimana-mana. Jembatan itu dibuat untuk para penambang sarang walet yang menjadi mata pencaharian di wilayah itu.

31. Pantai Slili, Gunungkidul

Berada di antara pantai Baron dan Sadranan, pantai ini hanya memiliki tak sampai 100 meter tetapi memiliki kemandangan menakjubkan berkat kekayaan lautnya. Inilah p[antai kecil yang kau bisa memuaskan diri untuk bermain ombak pantai dengan lebih aman.

Itulah 31 pantai paling eksotik di Yogyakarta. Sebagian besar pantai ini masih sangat alami dengan jumlah pengunjung yang belum terlalu banyak. Kendala jarak tempuh, kondisi jalan adalah beberapa alasan yang membuat belum seluruhnya pantai-pantai ini menjadi destinasi unggulan.

Tetapi jangan kawatir, kalau kamu pingin sampai ke sana sekaligus menikmati berbagai atraksi wisata yang lain, Anda hanya tinggal menghubungi Tuguwisata.com. Tugu wisata adalah perusahaan tour dan travel yang menawarkan beragam paket wisata jogja yang menjadikan deretan pantai ini sebagai salahsatu pilihannya. Kamu juga bisa merancang tempat-tempat mana saja yang pingin kamu kunjungi di seluruh Jogja ini, Tuguwisata akan mewujudkannya buatmu.**

 

Tugu Wisata

About Tugu Wisata

Penyedia Paket Wisata Jogja / Paket Tour Jogja Murah, Kami lebih mementingkan Kualitas Pelayanan yang Maksimal, Target kami Zero Complaint untuk Pelayanan Wisata yang Terbaik untuk Anda. Kami juga merupakan salah satu sewa mobil terbesar di Jogja dan Solo dengan jumlah unit armada sampai 80 Unit.
08112635846