watu tekek tugu wisata

Watu Tekek Ini Saingi Kalibiru! Lokasi Tempat Selfie Baru Di Kulon Progo

www.tuguwisata.com – Membahas keindahan alam yang ada di Yogyakarta memang tak kunjung selesai. Beragam tempat wisata yang sangat menarik hadir melengkapi kota Gudeg ini. dari ujung ke ujung, potensi wisata kerap ditawarkan untuk kunjungan ke kota pelajar ini agar semakin menarik.

Adalah Kulon Progo, sbeuah kabupaten yang menyimpan potensi alam khas pegunungan. Banyak sekali air terjun dari Pegunungan Menoreh yang membentang dari Magelang ini. Seperti adanya air terjun ataupun puncak-puncak yang dijadikan spot foto kekinian oleh para instagramers dan para pengggila media sosial lainnya. Salah satunya dalah Watu Tekek? Sudah pernah tahu wisata alam Watu Tekek Kulon Progo ini?

watu tekek tugu wisata

Instagram: @rwn_yuniarsanti

Pantas Saja Watu Tekek menjadi bagian dari tempat wisata yang menarik yang ada di Kulon Progo.

Taman wisata Watu Tekek ini tergolong masih baru di Yogyakarta. banyak yang mengatakan bahwa Watu Tekek ini adalah duplikat dari Kalibiru. Tahukan wisata alam Kalibiru dengan view waduk Sermo? Lalu apasih yang menyamakan Watu Tekek dengan Kalibiru?

Memang,barisan hijau perbukitan Menoreh selalu menarik untuk disapa. Rupanya keindahan pemandangan hijau Bukit Menoreh dari atas pohon alias dari ketinggian inilah yang menjadi persamaan dengan wisata alam Kalibiru. Meski dibilang kembar namun tetap saja ada bedanya. Yakni adanya jalan khusus dari kayu yang digunakan sebagai penghubung ke pohon, haruslah tetap berhati-hati dan menajga keseimbangan.

watu tekek tugu wisata

Instagram: @zumrotulisti

Kehati-hatian tersebut juga wajib dipegang ketika mengambil foto dan juga duduk di atas pohon tersebut. Untuk menghindari adanya resiko mending jangan foto aneh-aneh deh karena berbeda dengan yang ada di Kalibiru sudah menggunakan pengaman.

Menurut keterangan dari yang ada di lokasi, wisata ini hanya bisa dugunakan empat orang saja. Oleh karena itu jika ingin berfoto ria di atas ketinggian ini saat rame kamu harus sabar mengantri bergantian.

Asal kalian tahu, asal mula dari penamaan Watu Tekek adalah konon di lokasi ini banyak tokek. Tiket masuk ke wisata Watu Tekek ini senilai Rp. 3.000 per orang. Dan untuk biaya parkirnya hanya Rp. 2.000 per kendaraan roda dua. Akan lebih baik mengunjungi destinasi ini dengan motor deh gaes. Ingat naik turunnya daerah Kulon Progo bikin kamu bersiap diri untuk mneggoyang badan. Salam Dolaners!

watu tekek tugu wisata

Instagram: @annisadewi_delinda

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

curug setawing kulon progo

Jejakkan Kakimu di Curug Setawing, Satu Dari Air Terjun Bertingkat di Kulon Progo!

www.tuguwisata.com – Bumi membungkus segala keindahan alam yang ada di dunia ini sebagai hadiah yang hebat untuk manusia. Khususnya bagi para pecinta alam. Dari gunung, pantai, dan semua obat mata yang berasal dari alam ini memang selalu menarik. Seperti halnya air terjun. Air yang menjatuhkan diri dari atas ketinggian juga menjadi sebuah kesejukan dan pemandangan apik dari lukisan tangan Tuhan. Salah satu keindahan air terjun tersebut adalah air terjun Setawing atau Curug Setawing.

curug setawing kulon progo

IG: @oddzhaheho

Curug Setawing adalah salah satu curug di balik pegunungan Menoreh Kulon Progo Yogyakarta. Tepatnya berada di Desa Jatimulyo. Salah satu daerah di Yogyakarta ini memang memiliki pesona alam yang cantik yang menjadi pilihan destinasi wisata alam di selebah barat kota Yogyakarta.

Keindahan curug Setawing semakin menarik ketika di musim hujan. Debit air yang mengisi air terjun akan semakin deras dan menjadi keindahan yang memikat hati para traveler.

Ketinggian Curug Sitawing ini sekitar 18-20 meter. Deras air yang jatuh juga melebar. Guna memudahkan wisatawan menjejaki curug cantik di Kulon Progo ini, pihak pengelola telah membangun tangga. Adapula tempat duduk dan gazebo yang semakin mendukung guna menikmati keindahan wisata alam di curug ini.

curug setawing kulon progo

IG: @marwan_donovan

Sejuknya udara pegunungan, alam yang segar berpadu hijau daun dan pepohonan serta deras air yang membentuk menjadi suatu keindahan tersendiri dan daya tarik di Curug Setawing. Uniknya lagi air terjun berbentuk bertingkat. Ada sejarah dari pemberian nama Se-Tawing. Se berarti satu, Tawing berarti tebing.

Akses menuju ke lokasi terbilang mudah yakni dari arah Yogyakarta menuju ke jalan Godean dan lurus ke arah barat sampai ke Pasar Jonggrangan.

Sudah banyak petunjuk arah menuju ke lokasi, oleh karena itu sudah bukan menjadi hal sulit lagi untuk mengunjungi Curug Setawing Kulon Progo di sepanjang jalan Godean.

Kulon Progo tentu tidak hanya memiliki curug Setawing saja, namun juga beberapa curug lain yang menjadi eksis di kalangan anak muda seperti Air Terjun Kedung Pedut, Taman Banyu Mudal, dan juga goa-goa yang menarik dari Pegunungan Menoreh seperti Goa Seplawan dan Goa Kiskendo. Goa-goa tersebut ikut menjadi destinasi menarik di Kulon Progo dan menjadi alternative wisata.

curug setawing kulon progo

IG: @tentangjogja

Keindahan air terjun yang menarik seperti Curug Setawing semoga tetap lestari seiring dnegan adnaya pengelolaan dan kunjungan dari wisatawan. Himbauan untuk tetap menjaga kebersihan itu harus ya gaes. Jangan kita kotori keindahan menjadi kekotoran. Salam Dolaners!

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

curug sedhuwagang tugu wisata

Curug Sedhuwagang: Ada Kisah Kerajaan Mataram Yang Terselimut Dibalik Curug Cantik Ini!

www.tuguwisata.com – Curug Sedhuwagang menjadi salah satu destinasi wisata menarik lainnya yang berada di Kulon Progo, Yogyakarta. Rupanya curug ini adalah curug baru karena baru digarap 25 Desember 2016 lalu, sehingga masih sangat baru. Fresh from the nature. 😀

Memang akses menuju ke lokasi ini cukup ekstrim walaupun sudah beraspal, namun jalan lumayan sempit dan tanjakan yang cukup tinggi. Oleh kkarena itu, siapkan tenaga ekstra untuk bertandang ke curug yang keren banget ini ya gaes. Seperti curug lain yang berada di pegunungan Menoreh, curug Sedhuwagang ini adem, asri, dan tenang sekali.

curug sedhuwagang tugu wisata

Instagram: @exploreindonesiakece

Curug yang cantik ini rupanya terselimut sebuah cerita yang dikemas secara turun temurun.

Dikisahkan menurut pengelola atau penggagas curug, bapak Joko Susilo, konon ada Ki Ageng Mangir Wonoboyo dan Ki Ageng Selo yang memiliki keinginan menjadi senopati di kerajaan Mataram. Mereka berdua sepakat mengadu ayam yang hasilnya setelah diadu kedua ayam tersebut adlaah PUR/ DRAW.

Setelah kejadian tersebut, mereka berdua menamai tempat dengan PURMAN atau lebih diknal oleh masyarakat PROMAN. Berikutnya beliau Ki Ageng Mangir Wonoboyo dan Ki Ageng Selo melanjutkan perjalanan kembali ke kerajaan Mataram. Sebelum itu dalam perjalanan mereka mendengarkan suara-suara gemuruh dan keduanya mencari tahu. Alhasil suara tersebut beradal dari curug dan keduannya memberi anma Sedhuwagang.

curug sedhuwagang tugu wisata

Instagram: @adventure.frog1502

Penampakan curug Sedhuwagang telah ada sejak pitu masuk namun hanya samar

Selanjutnya setelah kalian menyusur kompleks akan ada banyak sekali spot foto ala instagram yang menarik untuk dikunjungi. Dengan background air terjun seperti itu, mirip sekali dengan air terjun Kedung Pedut atau juga Air Terjun Kembang Soka yang berada di Kulon Progo juga.

Ketenangan batin yang diburu oleh para penikmat wisata alam menjadikan spot ini mulai banyak digandrungi para traveler. Obyek wisata yang berkembang dnegan balutan keramah tamahan penduduk ini dikelola langsung secara swadaya oleh HIPATESA (Himpunan Pemuda Pemdui Teganing Satu) yang mana mereka adalah warga sekitar dari Curug Sedhuwagang.

Sedangkan untuk fasilitas yang ada di air terjun ini sudah cukup memadai seperti adanya spot foto yang sangatlah instagramable, ruang ganti, parkir kendaraan yang cukup, dan juga toilet.

Bagi kalian yang ingin berkunjung ke lokasi memang sebaiknya membawa bekal yang cukup. Pasalnya di lokasi ini belum tersedia adanya warung ataupun kios makanan dan minuman.

Airnya yang super seger sangat rekomended untuk menceburkan diri ke dalam airnya. Jika bertadang ke Curug Sedhuwagang ini adalah hal wajib bagi para pengunjung untuk menceburkan diri ke segarnya air di curug ini.

Tiket masuk kawasan air terjun Sedhuwagang ini masih terbilang sukarela. Menuju ke lokasi ini pengunjung bisa menggunakan dua jalur. Yang pertama dari arah Jogja – Wates – Waduk Sermo – Desa Hargotirto/Rumpin/Taman Edukasi/ naik terus dan lokasi berada di kanan jalan. Yang kedua adalah Jogja – Godean – Nanggulan – Gua Kiskendo –Kokap/Gunung Gajah/Waduk Sermo adalah plang petunjuk jalan.

Nah bagi kalian yang ingin segera menikmati keindahan dan juga kesegarannya bisa langsung cus ke lokasi. Setelah dari curug banyak sekali rekomendasi wisata yang menarik lainnya seperti Waduk Sermo, Jangkang Hill, dan beragam destinasi lain di Kulon Progo. Kalau kamu berani mengambil jalur lanjut ke wilayah pantai, kamu juga bisa mengunjungi Pantai Glagah atau Pantai Congot. Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

 

bendungan sapon tugu wisata

Bendungan Sapon: Dari Sungai Yang Membelah Kulon Progo dan Bantul, Sebuah Daya Tarik Wisata Pedesaan

www.tuguwisata.com – Kulon Progo, sebuah kabupaten yang berada di barat kota Yogyakarta ini selalu menyimpan banyak destinasi menarik mulai dari wisata alam hingga segala wisata lainnya. Bagi yang menyukai dunia perair-airan maka akan sangat menarik untuk bertandang ke wisata alam seperti air terjun, pantai, dan juga bendungan. Kenapa bendungan? Bendungan itu waduk kan? Embung? Iya. Sejenis itu, tetapi bukan sekedar bendungan biasa. Karena di bendungan-bendungan yang berada di DIY digarap dengan baik dan dijadikan spot wisata yang menarik. Salah satu bendungan menarik terebut adalah Bendungan Sapon.

bendungan sapon tugu wisata

Instagram: @rahull_bike

Pernah dengar bendungan Sapon? Bendungan Sapon ini merupakan salah satu bendungan yang membendung aliran Sungai Progo. Bendungan ini telah disebut menjadi calon pengolahan air terbesar di wilayah Kulon Progo. Keberadaan bendungan ini terbilang cukup vital. Alasannya karena jembatan yang diabngun di atas menjadi harapan warga untuk menyeberangi aliran Sungai Progo tanpa harus memutar jalan jauh.

Lokasi Bendungan Sapon

Lokasi Bendungan Sapon ini berada di dukuh Sapon, Desa Sidorejo, Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. bendunga ini membelah wilayah Bantuk dan Kulon Progo. Tidak jauh letaknyadari Jembatan Srandakan yang menghubungkan ekdua wilayah di bagian selatan. guna menuju ke lokasi, akan lebih mudah jika melalui Jalan Raya Srandakan aau Jalan Raya Lendah. Karena jalan yang cukup luas dan tidak adanya simpangan jalan kecil.

Bendungan Sapon, mulanya dibangun pada tahun 2005 dan selesai pada tahun 2008. Nama bendungan ini baru diresmikan pada tanggal 11 Maret 2010 oleh Menteri Pekerjaan Umum. Daerah Irigasi wilayah Sapon mencapai 2.250 Ha yang terdiri dari 3 kecamatan yakni Panjatan, Galur, dan Temon Kulon Progo.

bendungan sapon tugu wisata

Instagram: @temuinklusi

Alhasil dari adanya pembangunan bendungan ini adalah terjaminnya penyediaan air untuk keperluan irigasi sepanjang tahun, peningkatan luas area irigasi teknis dari 1917 Ha dan menjadi 2250 Ha. Dengan hasil pengairan yang berasal dari bendungan ini menghasilkan produksi padi dari 3,74 ton/Ha menjadi 5,5 ton/Ha. Sangat signifikan yah perubahannya? Selanjutnya peningkatan intensitas tanam padi dari 153% menjadi 200%. Dengan terkendali elevasi dasar sungai di bagian hulu bendung.

Fungsi dari Bendungan Sapon Ini Tidak Lain Adalah Untuk Pengairan

Bendungan Sapon yang mengairi tiga kecamatan ini sangat baik fungsinya. Pasalnya meski musim kemarau, debit air yang berada di bendungan ini cukup tinggi. Sehingga mampu mencukupi kebutuhan air di wilayah yang di aliri sungai tersebut.

Karena jembatannya tidak begitu lebar, maka jembatan yang berada di atas bendungan ini hanya cukup mampu dilewati oleh sepeda kayuh atau sepeda motor. Aktivitas yang tampak di sekitar Bendungan Sapon Kulon Progo seperti memancing yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Menjelang musim kemarau, banyak pengunjung yang memancing di lokasi karena airnya lebih tenang dan tidak sederas pada saat musim penghujan. Adapun sekitar dasar Bendungan Sapon ini terdapat penambangan pasir. Katanya hanyut dari lereng Gunung Merapi yang seringkali mengeluarkan lava pijar.

bendungan sapon

Instagram: @komunitaskulonprogo

Bagi kawula muda, bendungan ini dimanfaatkan oleh para pengunjung sebagai temapt bersantai ketika sore tiba, menikmati sunset di bendungan ini cukup menjadi kegiatan gratis yang menarik. Suasana sekitar bendungan juga teduh karena adanya taman dengan gemercik air. Tidak jarang banyak berlama-lama betah di kawasan Bendungan Sapon ini selain memancing. Karena bendungan ini masuk ke dalam daya tarik wisatawan maka pihak pengelola memasukkan menjadi titik daya tarik desa wisata untuk pengembangan desa wisata di kawasan ini.

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

Goa Maria Sendangsono Ini Ziarah Juga Retreat di Kawasan Sejuk Kulon Progo

www.tuguwisata.com – Wisata ke Jogja ingin berwisata apa? Adakah keinginan untuk berziarah bagi yang beragama Katolik? Maka arahkan kendaraan dan menujulah ke Goa Maria Sendangsono.

Goa Maria Sendangsono adalah tempat ziarah bagi para jiwa yang gundah. Kawasan ini diselimuti oleh udara sejuk perbukitan, rancangan indah arsitektur Romo Mangun, menyusur jalan salib, dan juga berdoa di bawah kaki Bunda Maria.

goa maria sendangsono

Instagram: @

Goa Maria Sendangsono Memang Masih Sangat Asri

Adanya aliran sungai yang membelah membuat kawasan menjadi sejuk nan segar. Ada sebuah pohon Sono dan angsana besar yang tumbuh begitu kokoh menaungi area ini. akar dari pohon tersebut menggenngam tanah dan menajdi sumber mata air di sendang.

Keberadaan pohon Sono adalah alasan temapt dinamakan Sendangsono. Dahulu mata air di lokasi ini dikenal dengan nama Sendang Semagung. Rupaya tepat ini menjadi peristirahatan dan juga persinggahan para Bikshu yang berjalan kaki dari Borobudur menuju ke Boro dan juga sebaliknya.

Pada tahun 1904, seorang Pastur Van Lith mendatangi tempat dan mengadakan pembabtisan bagi para warga Kalibawang. Akhirnya lokasi ini dikembangkan menjadi tempat ziarah umat Katholik dan disebut sebagai Sendangsono.

goa maria sendangsono

Instagram: @vensi_permadi

Ada Sendang di Kawasan Ini, Namun Sudah Tidak Bisa Dilihat Secara Langsung

Kini ketika kamu berkunjung ke lokasi sudah tidak bisa lagi melihat sendang atau mata air tersebut secara langsung. Pasalnya sudah ditutup dengan kotak kaca. Airnya kemudian dialirkan menggunakan kran-kran air kecil yang biasa digunakan untuk membasuh muka. Atau juga dibawa pulang setelah didoakan di depan gua Maria.

Meski tidak melihat airnya, kamu masih melihat pohon sono yang berdiri kokoh. Dibawahnya kamu bisa berdoa dan berlutut di bawah patung Bunda Maria. Tahukah kalian? Patung dengan berat 300 kg ini didatangkan khusus dari Spanyol dan diangkut bergantian dari pertigaan Bendo.

Meski tempat ini digunakan untuk peziarah umat Katolik, namun kawasan ini dibuka oleh siapapun karena yang beragama lain mungkin sekedar ingin menenangkan diri dan mencari udara segar.

goa maria sendangsono

Instagram: @emerentianasiska

Adalah sebuah jembatan kecil yang bisa kamu gunakan untuk melihat-lihat aliran sungai atau juga duduk di pendopo kayu. Bagi para pecinta arsitektur, Sendangsono ini juga menarik karena rancangannya unik. Dan kawasan unik inilah yang menjadi lokasi film “3 Hari Untuk Selamanya” dengan actor Nicholas Saputra.

Kompleks peziarahan Sendangsono ini juga sering disebut sbegaai Lourdes of Indonesia. Setiap bulan Maria, umat berbondong menuju ke tempat ziarah. Selain mengikuti misa di Kapel Utama, Kapel Bunda Maria, dan Kapel Para Rasul, mereka juga merasakan penderitaan Yesus yang melakukan jalan.

Di Sendangsono ada dua pilihan jalan salib yakni rute panjang yang diawali dari Parokki Promasan maupun rute pendek.

goa maria sendangsono

Instagram: @rich_ard

Di tiap pemberhentian ada doa dan saat teduh. Jalan salib akan berakhir tepat di Gua Maria Lourdes.

Di lokasi ini juga terdapat makam Barnabas Sarkromo selaku sahabat dari Pastur Van Lith yang mana juga jemaat Katholik awal di Kalibawang. Kadangkala di lokasi juga dijadikan misa arwah. Selain berziarah kamu juga bisa melakukan retreat dan juga tinggal dibangunan yang difungsikan sebagai penginapan juga aula.

Akses menuju ke lokasi dari kota Jogja bisa kea rah Godean – Sentolo – Kalibawang – Desa Banjaroya – Sendangsono. Jika dari arah Muntilan, Jalan Magelang Pasar Muntilan –Kalibawang – Sendangsono atau juga dari arah Cebongan, Sleman.

Lokasi ini memang cocok untuk bermediasi bersama sang Empu. Selamat Berziarah. Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

grojogan sewu tugu wisata

Grojogan Sewu Kulon Progo Ini Kamu Perlu Datengin Deh!

www.tuguwisata.com – Bosan liburan ke pantai atau hanya bertandang di perkotaan? Cobain saja main ke air terjun yang ada di Jogja! Air terjun di kota Gudeg ini indah dan unik gaes. Terlebih curug yang meluncur dari perbukitan menoreh Kulon Progo Yogyakarta. Selain Air Terjun Kedung Pedut, Air Terjun Sidoharjo, dan segala wisata byurrr lain yang ada di Kulon Progo, adalah sebuah air terjun yang namanya sama dengan air terjun pada umumnya yakni Grojogan Sewu.

grojogan sewu tugu wisata

Instagram: @kaca_nusa

Bagaimana nuansa Grojogan Sewu yang ada di Kulon Progo ini?

Pengembangan wisata seperti adanya air terjun yang ada di Kulon Progo menjadikan pemerintah semakin menggencatkan pemberdayaan potensi wisata yang menarik seperti air terjun Gorogan Sewu ini. Air Terjun yang namanya sama dengan air terjun di Karanganyar, Jawa Tengah ini terletak di Dusun Beteng, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Untuk menuju ke lokasi dari kota Yogyakarta akan ditempuh jarak sekitar 1,5 jam menuju ke lokasi. Memang cukup jauh, namun ngga bakal nyesel deh. Sepanjang perjalanan sampai ke pasar Joggjarangan sudah ada papan petunjuk jalan yang mengunjukkan lokasi bagi para wisatawan.

Curug Grojogan Sewu ini sudah termasuk ke tahap pengelolaan dari masyarakat, oleh karena itu setiap pengunjung akan dikenakan tiket masuk Rp. 3.000 yang mana terbilang sangat murah utuk mengunjungi ke wisata alam dengan segudang keindahannya yang memanjakan pikiran, hati, dan juga mata yang memandang.

grojogan sewu tugu wisata

Instagram: @gothil2992

Dari lokasi pemungutan retribusi dan parkir kendaraan, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 200 meter hingga sampai ke lokasi.

Namun selama perjalan menuju ke air terjun dengan suara si grojogan yang meanggil manggil begitu mengasyikan karena ditemani oleh rerimbunan pepohonan dan saura burung yang menenangkan. Mantap jiwa pokoknya!

Dekat dengan air terjun adalah beberapa gazebo yang disediakan untuk beristirahat untuk para pengunjung. Dan tibalah mata memandang grojogan sewu yang ada di Kulon Progo ini. Air terjun dengan beberapa tingkatan dengan sudut 90 derajat ini mirip dengan perosotan.

Air terjun di tingkat paling atas terdapat sebuah kedung, biasanya para pengunjung memanfaatkannya untuk mandi. Pastiiya air pegunungan ini snagatlah segar. Namun harus tetap wasapada karena air di kedung ini cukup dalam.

Kalau tidak ingin menceburkan diri, bisa juga dengan menikmati aliran air yang segar di sekitar curug. Selain gazebo adapula kursi-kursi yang sengaja dibuat untuk menemani pengunjung bersantai dis ekitar lokasi. Meski berada di tengah hutan, tidak perlu khawatir gaes karena Curug Grojogan Sewu ini sudah lengkap degan segala fasilitas seperti kamar mandi, toilet, dan juga mushola.

Nah bagaimana? Sangat menarik kan? Liburan di Jogja yang tidak harus ala Backpacker ya kesini gaes. Sudah lengkap fasilitas pula. Asyik kan?  Nah masih di satu kecamatan Girimulyo kamu juga harus menyambangi beberapa destinasi menarik lainnya seperti Embung Kleco. Salam Dolaners.

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

embung kleco

Embung Kleco: Satu Lagi Destinasi Baru Sebuah Waduk Mini Di Atas Bukit Kulon Progo

www.tuguwisata.com – Yogyakarta memang dikenal bukan dari adanya kota industry, melainkan kota dengan sejuta wisata yang mempesona. Ke Jogja kalau bukan untuk studi pastilah untuk jalan-jalan, hehehe… nah jika wisata ke Jogja kalian lebih kenal dengan banyaknya pantai yang menghadap ke samudra Hindia, lalu bagaimana dengan embung-embung yang super eksotis berada di ketinggian? Kalian ingat Embung Nglanggeran yang ada di Gunungkidul? Kalian juga harus menilik saudara dari Embung Nglanggeran yang ada I Kulon Progo. Namanya Embung Kleco.

embung kleco tugu wisata

Instagram: @anca.vandaeng

Embung Kleco ini termasuk embung buatan, bukan dari hasil kejadian alam ini keren banget lho gaes. Lokasinya berada di desa Ngesong, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. akses menuju ke lokasi juga tidaklah sulit. Karena jalanan menuju ke lokasi sudah beraspal, hanya saja jalanan agak nanjak jadi mohon persiapan gonjang ganjing ya gaes.

Akses Menuju Embung Kleco

Dari kota Jogja ambil lurus ke arah Godean lurus hingga ke Kulon Progo. Selanjutnya dari jembatan Kulon Progo ada perempatan Nanggulan – puskesmas Nanggulan – kantor Kecamatan Girimulyo – Jembatan ke kiri – lihat papan menuju ke lokasi. Atau kalau mau simple ikuti google maps yang ada di Smartphone kamu. Hehehe.

Sesampainya di lokasi kamu bisa memarkirkan kendaraan di tempat parkir yang disediakan. Tidak hanya untuk roda dua namun juga bisa roda empat. Selanjutnya kamu naik sedikit menuju ke embung Kleco dan lunaslah sudah perjalanan yang dtempuh. Jogja dari atas bukit sipa memanjakanmu. Aseeekkk.

embung kleco tugu wisata

Instagram: @irfand_fandy

Hingga kini, embung kleco menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik bagi para penikmat perbukitan dan kesejukan.

Apalagi dengan didukung fasilitas yang memadai seperti toilet umum. Nah bagi kalian yang suka seklai dengan hunting sunrise, selain Puncak Suroloyo kalian juga bisa memburunya dari Embung Kleco ini.

embung kleco tugu wisata

Instagram: @irfand_fandy

Di lokasi juga sangat asyik untuk sekedar duduk manja menikmati pemadangan dari perbukitan di waduk mini ini. Suara hewan dan sejuknya udara akan mengobati segala gudnah gulana dan kepenatan aktivitasmu yang memadat. Cair banget deh kalau sduah di Embung Kleco ini. Makanya jangan panic mari piknik dan tidak perlu menyediakan uang berlebih untuk mengunjungi Embung Kleco ini. Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

 

Di SItus Wiladeg Ini Rupanya Ada Nandi Berbentuk Hewan!

www.tuguwisata.com – Situs Wiladeg, sebuah situs yang keberadaannya tidak banyak orang mengetahui bahkan mengenalnya. Situs yang terletak di desa Wiladeg, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta ini memang hanya terdiri dari sebuah arca nandi, komponen candi, dan beberapa artefak.

Setiap situs yang ada di Indonesia memiliki keistimewaan maupun keunikan masing-masing. Seperti halnya situs Wiladeg ini. Arca nandi ini terlihat seperti hewan dan juga lumayan kurus. Untungnya keberadaan nandi di situs Wiladeg ini tergolong terawatt tidak seburuk nasib situs lain yang ada di Guungkidul. Arca yang berada di lokasi dibuat rumah-rumahan, yang mana menandakaan bahwa situs tersebut dianggap keramat bagi warga dan juga sebagai bentuk penghormatan akan peninggalan  nenek moyang. Kondisi nandi di lokasi tergolong baik, bagian kepala utuh, tak seperti asib nandi lain yang kebanyakan kepalanya hilang.

situs wiladeg gunungkidul

sumber: http://kabarhandayani.com

Masih di sekitar lkasi adalah sebuah kolam mata air, dan di salah satunya ada reruntuhan komponen batu candi yang tersisa

Menurut dugaannya komponen batu candi lain masih terkubur dalam tanah, atau malah dijadikan sebagai abhan bangunan bagi warga yang kurang memahami pelestarian. Arah menuju ke lokasi situs wiladeg ini memang cukup rumit bagi orang awam Gunungkidul. Oleh karena itu untuk menuju ke lokasi diharapkan untuk bisa menanyakan kepada warga setempat akan lokasi situ WIladeg Gunungkidul ini. Apalagi plang petunjuk ke lokasi juga masih sangat minim.

Semoga keberadaan situs lain yang ada di DIY khususnya di Gunungkidul tetap lestari untuk mengenalkan pengetahuan sejarah dan kebudayaan kepada generasi mendatang.

Tiket Masuk Situs Wiladeg

Tidak ada tiket masuk untuk mengunjungi kawasan karena lokasinya di dekat pekarangan warga desa. Salam Dolaners. Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

gunung ijo

Gunung Ijo Ini Kabarnya Jadi Lokasi Nengok Gunung dan Danau Sekaligus, Benarkah?

www.tuguwisata.com – Kulon Progo, berada di barat kota Jogja yang tidak kalah menyimpan banyak destinasi wisata yang menarik. Spot wisata yang ada mungkin tidak hanya wisata alam yang sudah begitu adanya terbentuk namun juga ada spot buatan yang mengasyikan untuk dikunjungi.

Berkunjung ke Kulon Progo berarti mengunjungi kawasan pegunungan. Salah satu spot pegunungan yang cukup menjadi primadona adalah Gunung Ijo. Gunung Ijo adalah puncak dari pegunungan Menoreh yang berada di perbatasan Kulon Progo dengan Purworejo. Sebuah cara unik berwisata alam di Kulon Progo ya berkunjung ke Gunung Ijo.

Gunung Ijo ini masuk ke dalam kawasan daerah Hargotirto. Sesampainya di lokasi kamu bisa menitipkan kendaraanmu di rumah warga karena tidak ada parkiran khususnya. Untuk menuju ke lokasi kamu bisa bertanya ke warga setempat. Perjalanan ke Gunung Ijo ini bermula di jalan cor—coran dekat dnegan rumah warga.

gunung ijo tugu wisata

Instagram: @liocooper

Akses Menuju ke Gunung Ijo

Usai menyusur jalan tersebut kemudian kamu akan menemukan perkebunan warga dan juga rimbunan ilalang. Jika dihitung perjalanan menuju ke puncak cukup memakan waktu lama yakni sekitar 1 jam. Jadi siapkan bekal lebih sebelum ke lokasi ya gaes.

Mulanya adalah jalan setapak yang dibuat menuju ke lokasi untuk memudahkan pengunjung lain. Namun seiring berkembangnya waktu jalan tersebut mulai hilag yang tertutup dengan ialalng yang rimbun. Maka jangan sungkan untuk mengunjungi Gunung ijo ini bersama sahabat kalian.

Selain jalan setapak dan harus melalui jalur tracking, pengunjung juga harus bersiap mengarungi jalanan yang cukup ekstrim. Dan sangat disarankan kalau ke lokasi badan harus fit ya gaes. Meski lelah semua kana terbayarkan kok dengan view indah perbukitan Menoreh. Nah kamu juga harus mengamti peredaran cuaca yang kadang tidak bisa diduga. Ketika hujan. Jalan curam menuju ke punak Gunung Ijo akan cenderung lebih licin. Sehingga ada baiknya juga jika kamu menggunakan alas akki yang sesuai untuk perjalanan ke Gunung Ijo.

Sesampainya di lokasi kamu akan disuguhkan indahnya pemandangan alam asli dan fresh.

Kamu bisa memandang waduk Sermo dan hamparan hijau pegunungan di Kulon Progo. Selain itu, di puncak ini jika beruntung kamu akan melihat gunung di Jawa yang cantik seperti Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, dan juga Gunung Sindoro. Lebih menarik algi dari puncak ini kamu bisa memandang sepucuk pantai selatan yang indah.

Wah keren banget kan? Nah untuk mengabadikan momen keberhasilanmu mendaki ke Gunung Ijo, jangan lupa untuk berfoto dan share ke semua dunia agar dunia tahu kalau Indonesia itu Kece! Moment berkunjung ke atas bukit seperti Gunung Ijo ini sangat menarik kan? Kamu kapan? 😀

 

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

akar liar kulon progo tugu wisata

Akar Liar Jadi Spot Hits Berikutnya di Kulon Progo Setelah Kalibiru Lho!

www.tuguwisata.com – Bertandang ke area Kulon Progo pastilah kenal dengan wisata alam Waduk Sermo. Kali ini bukan Waduk Sermo yang dibahas lebih lanjut namun adalah sebuah spot foto yang menarik bagi apra pengunjung penggila foto ria. Namanya Akar Liar.

Spot unik di Waduk Sermo yang dikenal dengan Akar Liar ini berada di dusun Sremo Lor, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo. Dari Tempat Pemungutan Retribusi mungkin hanya berjarak sekitar 1 km saja. Tidak terlalu jauh dan bisa terlihat dari jalan lebih. Area foto kekinian di waduk Sermo ini terbilang cukup baru alias belum begitu menahun.

akar liar kulon progo

Instagram: @haqo_legowo_

Awal mula dicetuskannya spot foto ini adalah adanya sebuah akar pohon yang tak terurus yang kemudian dimanfaatkan oleh pengelola sebagai latar belakang foto. Akar pohon tersebut disematakan dedaunan plastic berwarna cokelat yang mengesankan pohon tersebut romantis apalagi berada di pinggiran waduk dengan sejuk memandang air dan hijau pegunungan. Selain adanya pohon, adapula sebuah patung unik yang berukuran sekitar setengah badan manusia.

Bila berkunjung ke spot akar liar ini lebih asyik saat sunset gaes!

Karena bias cahaya kuning yang romantis tersebut akan menerpa spot dan menjadikan hasil foto lebih berkesan syahdu romantis gimanaaa gitu. Sayangnya di spot Akar Liar ini tidak cocok untuk penikmat sunrise atau matahari terbit. Pasalnya di lokasi untuk sunrise ini terhalang oleh pohon-pohon yang menjulang tinggi.

Jika wisata lain sudah mulai dikelola oleh Dinas Pariwisataan, Spot Akar Liar ini termasuk dalam pengelolaan warga setempat secara swadaya gaes yang berkisar dari gotong royong 10 orang. Selain adanya spot foto dekat akar ini pengunjung juga bisa foto di spot baru yakni di sebuah cano, tempat duduk di ruang tunggu, dan taman sepanjang jalan.

akar liar kulon progo

Instagram: @areajogja

Tiket masuk Akar liar ini termasuk ke dalam retribusi waduk yanni Rp. 5.000, biaya parkir untuk motor Rp. 2.000 dan untuk kendaraan roda empat hanya Rp. 4.000. Kalau kamu tidak membawa kamera bagus dengan resolusi kamera yang tinggi, kamu bisa menggunakan jasa sewa foto di lokasi dengan membayar Rp. 15.000 untuk tiga foto misalnya. Sudah termasuk foto di dua spot yaitu di akar liar dan di cano. Jika ingin berkunjung ke spot ini lebih baik datangnya awal deh ya supaya antrian foto di spot tidak mengular. Hehehe.

Kreativitas warga di waduk Sermo ini menunjukkan karya yang bisa mendatangkan banyak pengunjung ke waduk.

Akar Liar ini bisa dijadikan spot “mampir” setelah bertandang ke spot yang lebih dahulu hits yakni Kalibiru, Bukit Canting Mas Puncak Dipowono, Jangkang Hill dan lainnya. Nah kalau mau berkunjung ke lokasi sebaiknya jangan sendirian deh gaes. Karena perjalanan dari kota Jogja cukup jauh dan memerlukan teman yang saling menjaga apalagi sewaktu ngantuk. Jangan sampai suatu kejadian tak diinginkan terjadi ya gaes. Happy travelling. 

akar liar kulon progo tugu wisata

Instagram: @areajogja

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

 

Bale Agung Kulon Progo Saksi Penyatuan Adikarto dan Kulon Progo, Tilik Kisahnya!

www.tuguwisata.com – Bale Agung Kulon Progo, tempat yang menjadi sebuah saksi bisu pada masanya. Lokasinya berada di Jalan Perwakilan No. 1 Wates Kulon Progo. Bale Agung ini merupakan satu wilayah dari Kompleks Perkantoran Pemerintah Kabupaten Kulon Progo. Adapun corak bangunannya masih merupakan saru Land Mark alias “tenger” di area Kompleks Perkantoran Kabupaten.

Yang menarik dari Bale Agung Kulon Progo adalah gedung ini memiliki arsitektur khas indi di kawasan Kulon Progo. Cirinya terletak di perpaduan teknik bangunan lokal berpadu dengan colonial dalam satu adaptasi di iklim tropis.

Di gedung ini tertempel suatu prasati yang menujukkan kapan berdirinya Bale Agung Kulon Progo ini. Tahun 1918 adalah tahun yang menempel di dinding depan bangunan dan terdiri dari dua lempeng batu.

bale agung kulon progo

Sumber: http://kulonprogokab.go.id

Prasasti di bagian kiri adalah candra sengkala yang bertulis dalam bahasa Jawa. Bunyi dari Candra Sengkala ini adalah “Ngesti Prayogi Samdyaning Siniwi” yang memiliki arti tahun pendirian. Ngesti sama dengan 8, Prayogi yaitu 1, Samadyaning yakni 9 dan Siniwi adalh didudukkan atau satu. Jadi nilai “Ngesti Prayogi Samadyaninng Siniwi” ini adalah 8-1-9-1 atau juga berarti 1918 Masehi. Sementara itu, di prasasti sebelah kanan adalah Bale Agoeng 1918. Keduanya rupanya menunjukkan jika Bale Agung ini berdiri pada masa colonial Belanda.

Sebuah bangunan bersejarah, Bale Agung Kulon Progo tidak serta merta berdiri tanpa adanya kisah di dalamnya

Gedung ini menjadi proses penyatuan wilayah Adikarto dan Kulon Progo. Saat proses penyatuan kedua wilayah tersebut adalah gedung Bale Agung yang menjadi tempat penandatanganan kesepakatan penyatuan kedua wilayah tersebut.

Alih-alih, gedung ini memiliki peralihan fungsi tidak hanya sebagai gedung pertemuan ebuah rapat besar namun sebagai tempat yang menyimpan benda-benda Cagar Budaya peninggalan dari kerajaan Mataram Hindu yang mana berasal dari wilayah Kulon Progo.

Benda cagar budaya tersebut misalnya patung Ganesha, Lesung Batu, Batu Lumpang, Yoni, Batu Bata Kuno, Mata Uang Kuno, dan juga Kentongan Gorobongso. Kentongan Gorobongso ini adalah kentongan yang berasal dari kabupaten Kulon Progo saat beribukota di Pengasih di baeah kepemimpinan Bupati Raden Tumenggung tahun 1912.

bale agung kulon progo tugu wisata

Sumber: http://prasastishinta.blogspot.co.id

Wah cukup legend kan gaes gedung ini? kabarnya lagi gedung ini juga masih dalam tahap rehabitlitasi yang cukup memakan biaya besar. Semoga biaya besar yang dikeluarkan benar adanya untuk merehab dan menjadikan Bale Agung sebuah gedung bersejarah yang bisa dikunjungi untuk mengingat saksi sejarah.

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

museum mini sisa hartaku tugu wisata

Museum Mini Sisa Hartaku Ini Bukti Amukan Merapi Kala Itu!

www.tuguwisata.com – Berkunjung ke sebuah museum menandakan seseorang bisa belajar mengenai masa lampau yang pernah terjadi yang mana sangat erat kaitannya dengan sejarah. Bagi semua yang memiliki keingintahuan lebih dan meliaht secara langsung, sebuah museum akan menjadi sangat berarti. Museum di Yogyakarta khususnya, telah berderet banyak museum-museum yang mengajarkan arti banyak hal. namun, ada suatu museum yang lebih menandakan suatu kejadian besar yang pernah terjadi di Yogyakarta dan terbilang cukup unik yaitu Museum Mini Sisa Hartaku.

museum mini sisa hartaku tugu wisata

Instagram: @alif.poetra92

Selain melihat keunikan, mungkin adalah kesedihan pegunjung ketika menengok ke museum Sisa Hartaku

Lokasi Museum Mini Sisa Hartaku ini berada di daerah Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Museum mini ini dahulunya adalah rumah milik bapak Riyanto dan keluarga. Sebuah bukti kisah pil amukan Gunung Merapi yang terjadi pada tahun 2010. Banyak benda yang tersisa di museum yang tersisa bekas dari terkena sengatan panas abu tebal Gunung Merapi, sehingga pada akhirnya museum ini diberi nama Museum Mini Sisa Hartaku.

Awal mulanya, keluarga Bapak Riyanto dan Mas Widodo berkunjung di dalam pengungsian saat Merapi menyeruakkan amukannya tanggal 5 November 2010. Mengetahui harta benda miliknya mengalami kerusakan parah akibat dari adanya erupsi Merapi, tidak menjadikan niat beliau membuang atau menjual tanpa syarat. Akan tetapi meminta Mas Widodo untuk mengumpulkannya. Banyak kolektor yang ingin membeli barang-barang tersebut, namun rupanya tidak diberikan Bapak Riyanto karena ada ketakutan jika satu barang terjual barang lain juga akan diminta untuk dijual kembali.

museum mini sisa hartaku tugu wisata

Instagram: @triaputtri

Sebuah Ide Menarik Untuk Mengabadikan Moment Dari Amukan Merapi

Pada akhirnya timbul ide untuk membangun sebuah museum dengan nama Museum Mini Sisa Hartaku – Wisata untuk Mengenang Sisa Erupsi Merapi. Di museum ini kamu bisa melihat banyaknya benda-benda yang meleleh, hancur akibat dari serangan erupsi Merapi kala itu. Uniknya lagi museum ini tidak memungut biaya. Hanya jika pengunjung ingin memberikan uang selayaknya infaq maka sangat dipersilahkan karena tersedia kotak sumbangan.

Seketika memasuki museum Mini Sisa Hartaku kamu bisa melihat barang-barang yang seolah kesakitan seperti kerangka sepeda motor, jam dinding yang tecatat sekitar 12.04.42.

museum mini sisa hartaku tugu wisata

Instagram: @rindusundari

Sebuah saksi sejarah yang mencatat rumah tersebut luluh lantah oleh amukan Merapi. Jam dinding yang telah meleleh tersebut menjadi bukti yang amat tak ternilai harganya. Karena menjadi sebuah alarm bagi pengunjung kapan kejadian menggemparkan itu terjadi.

Di museum ini juga dijajar beberapa perabot rumah juga terpasang seperti botol. Suatu hal yang menarik dari botol tersebut adalah botol tidak pecah namun hanya meliuk seperti penyok. Nah kalau kamu penasaran bisa nih gaes kamu kunjungi langsung. Kalau kamu ke Kaliadem, boleh banget lho kamu mapir ke Museum Mini Sisa Hartaku ini untuk mengenang masa amukan Merapi. Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

tompak view tugu wisata

Harus Mampir Kesini Kalau Ke Kulon Progo: Tompak View!

www.tuguwisata.com – Berlibur ke Yogyakarta lagi dan sedang melakukan pencarian spot yang menarik di Yogyakarta dan sekitarnya? boleh banget kalau kamu yang sedang tidak butuh vitamin sea langsung ke puncak-puncak yang dingin agar bisa syahdu-syahdu gitu. Menikmati sejuknya di pegunungan Mneoreh yang membetang hingga Kulon Progo banyak sekali kawasan menarik yang perlu banget kamu kunjungi lho. ini nih satu lagi kawasan wisata yang berada di Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta yaitu Tompak View. Lokasi obyek siata ini berada di tepian jalan Goa Kiskendo, Desa Giripuro, Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Ramainya wisata alam yang hits dan kekinian ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan khususnya anak muda. Memandang sekujur pemandangan yang berada di kawasan pegunungan Menoreh. Obyek wisata Tompak View ini menjadi kawasan yang berbeda karena lokasinya yang di pinggir jalan. Meski demikian, kawasan ini juga ramai dibuat spot foto selfie dan lainnya.

tompak view tugu wisata

Instagram: @norlelynurulrifki

Lokasi Tompak View Ini Acapkali Dijadikan Lokasi Hunting Sunrise!

Mengunjungi lokasi Tompak View ini disarankan berkunjung di pagi hari gaes. Karena akan ada banyak kabut yang menyelimuti kawasan seperti di Bantul itu ada di Kebun Buah Mangunan, Bantul. Di lokasi ini ada gazebo yang bisa digunakan untuk berduduk santai menikmati pemandangan. Selain itu kamu juga bisa menikmati keindahan bunga yang tersebar di sebagai pemandangan cantik yang memanjakkan mata.

Banyak yang mengatakan kawasan ini serupa dengan The Lodge Maribaya meski tidak begitu tinggi lokasinya. Tiket masuk Tompak View ini tidak ada gaes. Yang ada hanyalah adnaya kotak amal untuk kamu infaq alias menyisihkan uangmu setelah menikmati keindahan yang ada di Tompak View ini.

tompak view tugu wisata

Instagram: @cindyyokta

Fasilitas dan Akses

Fasilitas yang ada di Tompak View ini termasuk sudah cukup lengkap. Seperti adanya area parkir, mushola, kamar mandi dan toilet, rest area, dan juga warung makan.

Bagi kamu yang belum pernah ke arah Goa Kiskendo ini kamu bisa saja langsung mendatangi lokasi pakai google maps yang ada di ponsel pintar kamu ya. Tompak View ini cukup mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi. Selain itu dengan menggunakan kendaraan prbadi kamu juga bisa sekalian berkunjung ke wisata lain yang ada di sekitarnya seperti Goa Kiskendo itu.

Jika berkunjung ke lokasi akan lebih baik kalau kalian turut membawa kamera canggih ya gaes, karena sayang banget kalau ke lokasi kalian tidak foto lho.

Berada di ketinggian berselimut dingin pegunungan apalagi kalau pagi ada kabut-kabut tebal putih gitu pastilah serasa berada di khayangan. Kalau mau berkuunjung ke lokasi bisa juga kamu membawa semacam Hammock itu sih ayunan itu yang lucu banget buat diajakk foto dan menikmati semilir hehehe. Ajak juga psangan atau teman biar ada yang motion hahaha. Kalau kamu sendirian mending jangan deh soalnya lokasinya berada di tepi jurang juga jadi takut-takut kalau kamu malah berubah pikiran karena skripsi ngga selesai-selesai atau juga karena habis putus cinta. Duh duh nggak perlu deh ya… wisata asyik tanpa panic pokoknya! Happy Travelling.

tompak view tugu wisata

Instagram: @avysimin

Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

bukit ngisis tugu wisata

Bukit Ngisis Ini Dijadikan Spot Pandang Alam Dengan Aroma Sejuk Pegunungan!

www.tuguwisata.com – Berkat adanya internet dan media sosial seperti instagram yang begitu tenar dengan beragam keunggulan, rupanya foto-foto yang dihasilkan dari para masyarakat dunia maya ini mempengaruhi adanya eksplorasi dan peningkatan pengembangan potensi wisata di Yogyakarta misalnya. Dari banyaknya tempat wisata yang ada di Yogya, adalah beberapa wisata yang menjadi kawasan favorit anak muda. Biasanya yang dipilih digunakan untuk ajang selfie ria atau juga sekedar hunting foto di spot foto keren di atas perbukitan. Ya, beberapa spot yang di atas perbukitanlah yang masih marak menjadi suatu destinasi piihan pengunjung. Salah satunya adalah Bukit Ngisis Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo.

bukit ngisis tugu wisata

Instagram: @ayodolan

Alasan Diberi Nama Bukit Ngisis

Bagi yang bukan orang asli Jawa, nama “Ngisis” masih berasa asing di telinga pengunjung. mungkin ada yang menyangkut pautkan dengan kata “ISIS” yang mendunia. Akan tetapi makna sebenarnya adalah menyejukkan diri, mencari angin yang semilir di atas pucnak bukit. Kebun teh yang terhampar lepas di kawasan ini telah menjadi kawasan sejuk yang menarik di Kulon Progo.

Kawasan ini menjadi ramai sejak banyaknya foto yang tersebar di media sosial karena adanya spot foto menarik dengan rakitan bamboo yang fungsinya sebagai gardu pandang. Selain bersantai kamu juga bisa menikmati kawasan dengan menyejukkan diri bersama angin yang semilir.

bukit ngisis tugu wisata

Instagram: @discover.jogja

Lokasi Bukit Ngisis ini berada di Desa Nglinggo, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. selain adnaya spot yang mendukung ajang foto keren kamu, kamu juga bisa menikmati indahnya pemandangan dari Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro dna Sumbing sekaligus. Ini dia yang dicari anak muda khususnya para traveler sejati adanya mengintip spot yang menyejukkan mata, hati, dan pikiran, yang tidak melulu dengan berfoto.

Tiket Masuk Bukit Ngisis

Tiket masuk Bukit Ngisis di Kebun Teh Nglinggo ini cukup terjangaku gaes ayitu dengaN Rp. 3.000 per pengunjung. dan untuk biaya parkirnya hanya cukup membayar Rp. 2.000 untuk kendaraan roda dua, dan juga Rp. 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Suatu tempat yang sangat rekomended untuk semua kalangan. Kawasan di kebun teh yang merupakan dataran tinggi ini adalah kawasan siap terjang gaes. Jadi pastikan kendaraan aman karena jalanan berkelok dan penuh tantangan. Kalau kamu ingin leluasa menikmati panorama alam yang ada di Bukit Ngisis ini sebaiknya kamu tidak berkunjung di saat liburan karena pastilah banyak sekali pengunjung yang ingin melepas penat juga. 😀

Menuju ke puncak tertinggi di Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo ini diperlukan suatu tenaga dan bekal minum lho. Selain selama perjalanan dari kota Jogja yang cukup jauh, perjalanan menuju ke lokasi juga harus dilakukan dengan menaiki anak tangga dan menyusur Kebun Teh untuk menuju ke puncak. Akan tetapi kamu juga bisa menikmati setiap detail perjalanan dengan melihat sekitar kebun the yang hijau luas.

bukit ngisis tugu wisata

Instagram: @jogjaistimewa

Berminat mengunjungi bukit ini? kalau kamu dari Jogja ambil arah Godean sampai ke kecamatan Samigaluh. Selanjutnya kamu akan melewati Kantor Polisi dan Pasar Samigaluh. Selanjutnya kamu akan menemukan Desa Wisata Nglinggo. Ikuti papan petunjuk tersebut dan menuju ke lokasi yang berada sekitar 2 km.

Asyik banget kan? Nah kalau ada kesempatan boleh banget deh kamu berkunjung ke lokasi. Jangan lupa share ragam wisata yang ada di Indonesia agar bisa sampai ke ujung dunia ya gaes. Happy Travelling. Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

suaka margasatwa sermo tugu wisata

Suaka Margasatwa Sermo Ini Lokasi Belajar Flora Fauna Langsung Dari Sumbernya

www.tuguwisata.com – Belajar teori tanpa praktek mungkin menjadi angan belaka. Dengan melihat buku atau internet mungin sudah cukup tahu, sekedar tahu, namun itu saja kurang lho ya. Mungkin belajar langsung dengan alam bisa menjadi suatu pembelajaran alternative dengan adanya interaksi langsung bersama segala habitat yang ada disekelilingnya. Di Yogyakarta mungkin sudah kenal dengan adanya Gembira Loka Zoo, dan adalagi nih di Kulon Progo namanya Suaka Margasatwa Sermo.

suaka margasatwa sermo tugu wisata

Instagram: @waf_fiq

Suaka Margasatwa Sermo merupakan suatu kawasan tempat tinggal para satwa yang cukup dijadikan lokasi pembelajaran langsung.

Terletak di sekitar 26 km dari Yogayakarta. Secara administrative lokasi Suaka Margasatwa Sermo ini berada di tiga desa yakni Desa Hargowilis dan Desa Hargorejo. Lokasinya berada di kecamatan Kokap. Serta di desa Karangasri yang masuk ke dalam wilayah kecamatan Pengasih, Kulon Progo, Yogyakarta.

Luas area Suaka Margasatwa Sermo ini adalah 181 ha, yang maa terletak pada ketinggian beragam seperti 70 meter di atas permukaan laut sampai pada ketinggian 100 meter di atas permukaan laut.

Suaka Margasatwa ini ruapnya menjadi penopang sumber air di waduk sermo. Mulanya Suaka Margasatwa iniadalah hutan yang fungsinya sebagai hutan produksi yang telah dikelola Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. juga sebagai pelaksana ada di bawah Dinas Kehutanan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Selanjutnya hutan ini memang difungsikan sebagai hutan lindung hingga sekarang.

suaka margasatwa sermo tugu wisata

Instagram: @handono_dr

Ekosistem di kawasan hutan ini adalah ekosistem di pegunungan rendah yang mana tanamannya merupakan hasil reboisasi oleh pemerintah.

Aneka ragam hayati flora yang bersifat homogeny, sementara itu satwa lain berada di kawasan plat sunda. Udara yang lembab khas pegunungan akan menyapa seketika pengunjung memasuki area ini. beragam pepohonan yang ditanam di kawasan ini antara lain ada pinus, jati, akasia, kayu putih, dan lainnya yang mana terbagi dari petak-petak yang disesuaikn dengan jenis masing-masing pohon. Hal ini dibuat untuk pengunjung khususnya plajar atau mahasiswa bisa melakukan penelitian dengan mudah.

Keindahan di kawasan Suaka Margasatwa ini memang terlihat indah kala pagi dan sore. Yang mana sinar mentari menyinari dan memasuki area pepohonan. Bagi para pengamat dan peneliti atau juga fotografer pecinta satwa, kawsan ini sangat cocok digunakan untuk beraktivitas mengamati beragam margasatwa yang ada di kawasan ini.

Satwa yang dapat kamu temukan di kawasan ini antara lain yaitu bondol Jawa, Kapodang hitam, cucak Kutilang, Punai Gading, Tekukur, dan beragam jenis satwa lain yang bisa kamu amati langsung di alam. Menjadi suatu keasyikan tersendiri bisa mengamati keindahan suatu alam yang lengkap dengan penghuninya yang beragam dan cantik-cantik.

suaka margasatwa sermo tugu wisata

Instagram: @rikhasya

Di area sekitar kawasan Suaka Margasatwa ini pastilah adanya waduk yang ada camping groundnya.

Oleh karena itu kalau kamu ingin sekaligus nge-camp di area waduk Sermo boleh banget lho ya. Kawasan Suaka Margsatwa Waduk Sermo dan sekitarnya ini juga telah dilengkapi dengan adanya beragam fasilitas yang mendukung. Tiket masuk ke Suaka Margasatwa Waduk Sermo ini gratis lho gaes. Jadi kalau main ke kawasan Waduk Sermo ini jangan sungkan untuk bisa mampir ke kawasan Margasatwa.

Akses menuju ke lokasi terbilang cukup mudah. Dari kota Yogyakarta kalian bisa menuju ke Jalan Jogja-Wates, Sentolo-Pengasih-Kokap. Sekitar kawasan waduk Sermo ini juga terdapat beeberapa wisata lain yang mendukung. Antara lain adanya Kalibiru, Jangkang Hill, dan adapula Gumuk Sri Tinon Sermo. Happy Traveling ya gaes! Anda tertarik tour di Jogja dan sekitarnya namun tidak ingin ribet? Kami menyediakan paket wisata Jogja / paket tour Jogja murah yang asyik dan bikin liburan ngga pakai ribet. Kami juga menyediakan rental mobil Jogja / sewa mobil Jogja yang bisa Anda gunakan untuk liburan atau juga kegiatan di Jogja. Selamat berlibur. 🙂

 

1 2 3 16